7 Alasan Mengapa Orang Ngapak Masuk Kategori High Quality Calon Mantu

Haqul Yaqin di belahan Indonesia bagian manapun, pasti ada kawanmu yang memiliki logat yang unik dan asik. Logat ini berbeda dengan logat Suku Jawa pada umumnya. Tidak ada halus-halusnya jika mampir ke telinga. Banyak yang sering menyamakannya dengan medok Tegal, padahal berbeda. Ya itulah Ngapak.

Logat yang hanya dimiliki orang yang asli dari Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen. Dijamin banyak dari Anda yang ketika mendengar ada orang berlogat atau berbicara dengan logat ngapak pasti tertawa geli. Atau minimal memincingkan mata menajamkan telinga untuk menebak dari planet mana mahluk ini.

Eits jangan salah.. Di balik keunikannya, ternyata orang ngapak ini memiliki semua kriteria untuk menjadi calon menantu idaman lho. Ga percaya? yuk kita simak alasannya!

1. Orang Ngapak Adalah Orang Yang Apa Adanya

1

Dari sisi historis dan geografis, wilayah yang dihuni mayoritas penduduk berlogat ngapak jauh dari kawasan keraton terbesar di Jawa. Itulah yang mengakibatkan mengapa tingkat kehalusan berbahasanya berbeda dengan Jogja ataupun Solo. Itulah yang mengakibatkan orang ngapak itu sejak dari nenek moyang jauh dari intrik kekuasaan. Hal tersebut berpengaruh pada kesehariannya, yang jarang memakai topeng. Apa yang dirasakan, itulah yang diucapkan.

Istilahnya Blakasuta. Jika bercanda yang keluar adalah true colournya. Orang ngapak tidak nyaman memakai topeng. Memakai sesuatu yang bukan nature nya.

Dan jika keterbukaan adalah salah satu syarat untuk membentuk rumah tangga yang langgeng, orang ngapak sudah memilikinya. Dari lahir.

2. Orang Ngapak Memiliki Sifat Humoris

2

Coba Anda perhatikan jika kamu melihat dua orang dengan logat ngapak mengobrol satu sama lain. Sedikit-sedikit pasti kamu akan mendengar canda tawa diantara keduanya. Bahkan walaupun kamu tidak mengerti bahasanya, kamu tetap akan bisa tertawa.

Jika kamu tidak percaya, coba search di youtube dengan kata kunci : Curanmor Ngapak. Percayalah, walaupun kamu tidak mengetahui arti katanya, kamu tetap bisa tertawa.

Banyak kata-kata panggilan unik yang hanya orang ngapak yang mengerti. Seperti Daplun, Gondes, Kucluk.

Sudah bisa dipastikan rumah tanggamu kelak akan jauh lebih berwarna jika pasanganmu memiliki logat ngapak.

3. Orang Ngapak Tidak Mudah Sakit Hati

Kami, para ngapakers sudah terbiasa dengan ledekan karena logat kami yang berbeda. Tidak jarang jika kami merantau, banyak celetukan :

“Ganteng-Ganteng ko ngapak?”

“Cantik sih, sayang ngapak..”

“Coba dong ngomong lagi pake logat ngapak..”

Awalnya saja yang kaget, tapi selanjutnya kami justru menikmatinya. Kenapa? Karena membuat orang lain tertawa adalah ibadah. Ga enak kan kalo punya teman yang sedikit-sedikit ngambek? Sedikit-sedikit baper?

Nah, hal itu tidak akan terjadi jika pasangan Anda adalah orang ngapak.

4. Mudah Menemukan Laki-Laki atau Wanita Manis yang berlogat Ngapak

Memang untuk kategori ganteng dan cantik yang mainstream, kami masih kalah dari Bandung, Jakarta, atau Manado. Jika definisi cantik atau ganteng adalah hidung mancung, tubuh tinggi, dan kulit putih. Karena sebagian besar orang dengan logat ngapak memiliki hidung minimalis, tinggi ideal, dan kulit sawo matang.

Namun justru itulah yang membuat kecantikan dan kegantengannya natural. Pas, tidak berlebihan.

Jika kamu berharap wajah pertama yang kamu lihat di pagi hari adalah wajah yang menentramkan walau tanpa polesan make up, carilah pasangan yang ngapak.

5. Orang Ngapak Adalah Tipe Yang Setia

5

Apa perbedaan mendasar dari logat ngapak dengan Jawa yang lainnya. Ya, tentu saja penyebutan huruf vokal “a” dan “o”.

“Opo” di Solo, menjadi “Apa” di Purwokerto.

“Ojo” di Jogja, menjadi “Aja” di Cilacap.

“Sopo” di Semarang, menjadi “Sapa” di Purbalingga.

Menurut sejarah, hal ini dimulai ketika kerajaan Mataram memperbaharui mengganti vokal “a” menjadi “o”, warga dengan logat ngapak memilih setia menggunakan “a”. Kesetiaan yang dipegang teguh hingga anak cucu.

Jadi kalau logat aja dipertahankan dengan begitu setia, apalagi pasangannya?

6. Orang Ngapak itu Kreatif

6

Hal ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Ketika para ahli bahasa berdebat tentang kosa kata Bahasa Indonesia yang kalah lengkap dengan Bahasa Inggris, Bahasa Ngapak membalikkan persepsi itu. Banyak sekali kosa kata dalam bahasa ngapak yang tidak ditemukan artinya dalam Bahasa Indonesia bahkan Inggris!

Keragaman berbahasa pasti lahir dari sebuah kreatifitas yang tidak bisa diremehkan. Mau bukti? Silahkan cari padanan kata yang pas untuk kata-kata ini : Nylekamin, Cempulek, Mblekataket, Kemlinthi.

Tidak akan ada hubungan yang membosankan, ketika pasanganmu memiliki kreatifitas yang tinggi. Dan sekarang kamu sudah tahu dimana menemukan species-species kreatif untuk kamu kenalkan pada orang tuamu.

7. Orang Ngapak Memiliki Keberanian Di Atas Rata-Rata

7

Jika kamu ingat, salah satu slogan kampanye gubernur Jawa Tengah sebelum Pak Ganjar Pranowo, yaitu Pak Bibit Waluyo adalah,

Bali ndesa, Bangun Desa (Pulang ke Desa dan Membangun Desa)

Mengapa orang dengan logat ngapak ada dimana-mana, hal ini menjelaskan semuanya. Warga ngapak memang terkenal berani dalam merantau. Mereka menyesaki ujung dunia, dengan penuh keberanian menantang resiko. Pergi merantau tanpa kepastian dan sanak saudara saja berani, apalagi cuma pergi memintamu ke orang tuamu?

Jadi, itulah tujuh alasan kenapa orang ngapak masuk kategori High Quality Calon Mantu. Ga percaya? Percaya ya sukur, ora ya gondrong.

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Alien Dalam Dunia Penulis (Tere Liye)

Saya tidak kaget dengan heboh pernyataan Bang Tere Liye kemarin. Karena saya mengikuti pemikiran sekaligus langkah yang ditempuhnya soal keadilan bagi penulis. Termasuk audiensi yang saya lakukan Maret lalu kepada Pak Hestu Yoga selaku Direktur…

LAPORAN PAKET BERBUKA GOES TO DESA 2017

Nabi SAW bersabda: “ Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya, “ – HR. At-Thabrani   Alhamdulillah Terimakasih tiada terkira bagi semua…

Update Paket Berbuka Goes To Desa 2017

Assalamualaikum Saudaraku… Apakah kita masih diberi kesempatan untuk bertemu Jumat lagi minggu depan? Atau Ramadhan lagi besok? Tak ada yang tahu perihal ini kecuali DIA yang Maha Mencipta. Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha melakukan…

Ketika Kita Mau Mendengar Dan Mengenal

Tidak selamanya putih itu bersih, karenanya jangan mau kita dikotak-kotakan. Sebuah obrolan sebelum dan sesudah jumatan kemarin membuka mata saya mengenai hakikat perbedaan. Saya berkesempatan untuk mengobrol dengan seorang Ketua salah satu organisasi sayap partai…

25 Naskah Pemenang Project Hujan, Mantan, Masa Depan

Finally!!! Sumpah saya deg-degan mati ketika menunggu hasil penjurian dari 3 editor dari major publisher! Terima kasih atas waktu dan energinya untuk : Mas Tri – Pimred Gradien dan Indonesia Tera Mas Adham T Fusama…

69 comments

    Memang mendengar suku kalian ngobrol dgn bahasa “ngapak” yg membuatku jatuh hati pertama kali sama kota purwokerto #ciyaaaa
    Gombal? Biarin aja, ga usah komen yaa. Bukan gombalin penulisnya kok. Ha-ha-ha-ha

    Haha,, bener banget kue lik,,, Wong ngapak kue Ana manis manise kpriwe,,

    Misale enyong,, nyong jere Ana manis manise kpriwe,, pancen iya sih,, haha

    Ora ngapak Ora kepenak

    Salam ngapak,, cilacap,, tengah

    Kami bangga memjadi orang ngapak khususnya untuk Kec. Lumbir desa Dermaji behhhhh kalian semua adalah orang-orang yang akan selalu aku rindukan,yaa walaupun kebnyakan memamang merantau tp ke inginan pulng itu sllu muncul di dalam hati dengan hasil jerih payah,salam untuk warga ngapak dri Timur indonesia sorong, west papua

    Tambaih siji maning kang : Ilate wong ngapak paling fleksibel niru bahasa ngendi bae..joss mbok.?. Logat Sunda? ayuh..logat bandek ra masalah, logat batak kecilll, madura ora kesuen…Inggris, Jerman, Arab China pokoke its okelah….Jajal daerah liane mlebu daerah ngapak, nganti kukud jagate tetep ora bisa ilang asline betuulll? Inyong asli ngapak….ora ngapak ora kepenak.

    nyong wong sidabowa.
    wis ana sepuluh taunan neng mbandung.
    mbuh kepriwe ngapake ora ilang2.
    cokan nggawe geget kanca2ku sing neng kene. jan2e ora lg ndagel..

    Inyong cocok kueh, sing nganggo “o” nirokna “a” wagu, kesane lagi ngenyek, padahal pancen ilate ora bisa, ha ha, .jyong ngomong sunda ndarani wong sunda, ngomong ngomong batak ndarani jawa medan, ha ha, ngomong inggris tah ora, wong irunge pesek ya ora ndarani wong inggris

    kye kang aku ya anu .. ????
    pokoke nyong kye wong NGAPAK ASLI jan anu ASLI bngett pokoke lah…
    tpi nangapa nyong kiye tiap ndopok kRo batir2ku panggah ya anu pengen guyu bae… jal ku anu kpriwe..
    nek rika pda ra ngandel tiliki KKne nyong nang klurahan Nusawungu dsn penggung sari wetan pasar Rt/w 003/005 kab CILACAP.
    siiiiiing jenengane Kurnawan putrane Bpak Sunarjo.
    nek rika pda koberr jall goleti .. ..
    sp sing bisa ngwei bukti otentik nangpa enyong nek krungu wong NGAPAK ndopok ko hawa2ne pengen guyu bae..
    tpi tanda kutip kye .. .. .. aja nyangka nyong kye wong gmblung cngar”ir dwek…
    huuuuuhhh kwalat rika ngko pada.

    lah bodoa ngonoh lah pada ngomong apa…aku mung meneng bae karo mangan budin derawun kiye……marai kangen jan karo desane q nang banjarnegara….owalah yung2 arep bali duite ya urung akeh….cicilane akeh

    Diomong ‘ayu ayu ngapak’. Ya ben daripada rika wis ora ayu ora ngapak maning. Padahal sing ngomong lanang.
    Ora ngapak ora kepenak

    Bener kui kang ra ngapak ra kepenak,,kata” nang duwur tau tek alami,,ganteng ganteng ko ngapak”
    Lah nek ra ngapak ra kepenak
    Salam ngapak cah rawalo

    Team Nggapak : ngapak kalo gak percaya susah hilangnya,,biar hidup makin ramai ayo budayakan ngapak paginya, siangnya,, sorenya,,, malamnya.

    sing kerjane neng perantauan aja kelalen karo kampung halamane, “Ngapak ora Kepenak” salam sekang Wong Bobotsari Purbalingga sing siki lagi merantau neng Jambi, sumatera

    Mari kita nyanyikan lagu INDONESIA RAYA dengan lirik “KU” dan “AKU” diganti “NYONG”

    Lik penulis, tulung nggawe forum / grup nggo ngumpul para ngapakers, bagi yg bukan orang ngapakpun dibolehkan gabung. Forum untuk wadah silaturahmi pecinta bahasa ngapak.
    Kepriben.com? Setuju lik?

    Salam ‘dawet ayu’

    Indonesia raya lagu kramat bro aja di ganti lirik ,genre. pokoke aja di gantini pamali..

    Iya bener banget kue,aku wong cilacap setuju banget,aku nang solo wis 32 thn,logat ngapake ora ilamg.nggo tamba kangen nek dina rebo jam sanga nganti jam 11 ngrungokena radio sleng fm,acarane bahasa ngapak

    Mari kita nyanyikan lagu INDONESIA RAYA, tapi lirik “KU” dan “AKU” diganti dengan “NYONG”

    Salam “dawet ayu”

    Wong ngapak kue kreatife pol,motor be dadi montor Nyong bangga temenanan dadi wong ngapak.
    Salam ngapak Cilacap, Pertelon Sampang ngidul sending.

    Pancen bener nek wong ngapak ilate lemes… buktine aku dhewek.. biyungku alm. wong subang asli nek ramaku wong banyumas kluthuk… nek aku dolan meng subang aku bisa ngimbangi ngomong kr bahasa sunda. tp nek dulurku sing kang subang pada dolan meng banyumas tek ajak ngomong ngapak mung pada cengangas cengenges thok karo thila thilo kaya kethek di tulup…

    Saya asli orang kuningan jawa barat (sunda), manake bocak wong kebumen siki umahe inyong nang gombong, mbojoku ra tau njaluk sing werna-werna pokoke ana duit di pake bareng nek ra na golet bareng, “JOSS GANDOOSS”

    Pokokke HIDUP NGAPAK nyong blesteran banyumas + cilacap. Umaeh mburi kuburan cikento cilacap. Nggo seduluran yach…

    Ora ngapak ora kepenak,,, aku lahir neng banyumas kang, cuma digawa merantau ke papua,,, bangga lahir dadi wong ngapak 😀

    Salam ngapak mas.maturnuwun apik sampean artikele.ngunia nyong hudu wong cilacap tapi nyong paha ya ngapak.
    Salam saka Leksono wonosobo go kabeh sedulur ngapak.Wkwkwkkwkwkw

    Jian maca comen sedulur” ngapak sekang tog wetan ngasi tog kulon pada bangga nguri” budaya ngapake…
    Inyong ya teyeng bahasa ngapak…
    Lah nyong soale wong wates banyumas mbi cilacap…
    Prapase kang prapatan buntu ngidul sithik…
    Nek ra ngandel ya ngeneh lur pada dolan..
    Ngko tk wei pang pang…

    13 tahun kie nyong nang borneo…ketemu junior nang pesbuk, nyong pangling dadi tek takoni “kowe umahe endi putrane sapa jajal? “…….Lah bocahe semaur ” nyong anakke karto tuying , ,lik”….yakin gologokin nyong njungkel ngguyu saking lawase ra tau krungu maning jeneng khas ngapak kuwee…

    wuakakaka… Jebule ana yah? 7 alasan mengapa orang ngapak calon menantu ideal. Uwalah wa, kiye blogere bocah ngendi kang? Banene koh postingane rika gawe cengar cengir dewek gole maca.. Brarti kiye nyong ya termasuk mantu ideal yah… Geh ana setitik pawitan kang nyong go rika pada, sedulur sing lagi pada ngranto nang jrakata, mbuh wong mbanyumas, banjar, cilacap, kebumen. Apa purbalingga. Pokoke go kabeh wong se barlingmascakeb sing agi pada ngranto, aja cok cokan LU LU GUWE GUWE lah, ra kepenak nang kuping, dasare ngapak ya ngapak, arep nyeplak nganggo basa apa bae, logate rika pada paling penak kue tetep nganggo basane dewek. Pokoke ORA NGAPAK ORA KEPENAK. Wong ngapak kudu nganggo basane dewek ya lur.

    sapa sing doyan cimplung gari maring desa bandingan kecamatan rakit banjarnegara …rasane nylekamin pisan pokoke

    Satu Nusa… Nusakambangan…!!!
    Satu Bangsa… Bangsa Cilacap…!!!
    Satu Bahasa… Bahasa Ngapak…!!!
    Ora Ngapak Ora Kepenak…..

    Dadi kimutan iklan nang radio taun 90-an, “Buket, Luket tur Mbleketaket” Jajal kalimat kuwe di terjemahna maring basa indonesia utawa basa inggris, nek bisa rika tek nei mendoan setampah, pangan nganti gumoh yaa, hahaha….
    Salam Ngapak, Ora ngapak jan ora kepenak temenan lah kang yu…..

    pada umek nemen gulih pd gendu”rasa yah…
    nyoh dadi pengin melu …nyong wong bangsa
    7ne nyong ganu lih tau lunga mring sangkan paran nganggo ngapak terus..sekang pog wetanNKRI…..nganti meng ibukota…
    dd ya nyong melu blewera ndeleng dulur” tetp jati diri ne..ya kuwe Ngapak.

    Nek pada2 ketemu wong ngapak nang ngendi bae lansung akrab langsung kepenakqn lqh….mentale ora ngisin2ni alias kendal sing penting anu bener, pokoke siap ngeyel2an karo sapa bae, hahahah….salam ngapak

    Inyong be demen koh karo ngapak…., apa maning angger ngomong kro wong wetan kali, mesti diguyu disit, tapi bar barane pd bungah…

    Nyong ket gemien dolanan layangan ya lur, tapine siji sg gawe pertakonan bae ora ngerti jawabane bae, bahasa indonesia.ne SENDAREN kue apa yah
    Ngapak perapatan mbuntu, pinggir kali

    Nek ngomong ngapak kue kepenak nek maring batir-batir bisa guyon. tapi angger ngomong ngapak maring wong sing wis tua. mandan ora sopan kudune ngomong karo bahasa jawa.

    Sedulur kabeh nyong lagi nggoleti tekan endi nyong asale, nyong asli wong ngapak, bapak karo mamaku asli wong kebumen, dadi ceritane nyong generasi sing ketelu dari transmigrasi, dadine leluhurku tekan kebumen trans neng ciamis jawa barat trus trans maning neng palembang sumsel, dadine tanah kelahirane nyong karo bapak mamaku neng palembang, dadine nyong gur krungu ceritane tok tekan mbahku, jarene mbahku angger arep nggoleti buyut2ku karo leluhurku kudu tekan ciamis ndisit trus neng kebumen, nyong termasuk anak muda seng orak kelalen karo asalku tekan ngendi, nyong masih mempertahankan budaya ngapak bahasa ngapak sampai detik iki dan sampai kapanpun, meskipun nyong urip neng palembang, seng bahasane beda jauh karo ngapak, . . . Pokoke lik kabeh pada angger neng palembang mampir nggonaku yak, kabupaten oku timur sumsel, salam ngapak,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *