Dua Baju Yang Harus Anda Pakai Ketika Menulis

Kemarin bahas mantel, dan sekarang bahas baju. Bukan, saya bukan mau membuka distro atau online shop. Ini hanya bagian dari analogi untuk memudahkan Anda memahami pesan saya. So, here we go!

Saya berani yakin, siapapun Anda ketika Anda sampai di website saya ini maka Anda memiliki sebuah masalah. Masalah yang jamak dialami menulis.

Sebuah mitos bernama Writers Block!

Sebuah situasi dimana Anda merasa blank dan ga punya ide untuk menulis apapun.

Sebuah situasi ketika Anda merasa tiba-tiba miskin inspirasi dan tersesat saat menulis.

Sebuah keadaan saat Anda menghadapi halaman kosong di laptop Anda dan tidak kunjung menghasilkan sepatah kata pun.
Familiar?

Ya, karena pertanyaan ini seolah-olah menjadi pertanyaan “wajib” dimanapun saat saya mengisi sesi training, workshop atau seminar menulis. Dan solusinya ada di baju yang Anda pakai!

Ada dua baju yang seharusnya dipakai penulis saat dia sedang berkarya.

  1. Baju Kreator
  2. Baju Editor

Baju kreator adalah baju seorang pencipta. Baju otak kanan yang penuh dengan imajinasi tanpa jeda. Sebuah baju yang yang tidak mengenal mana salah mana benar. Baju yang tidak mengenal mana bagus mana buruk. Just write it. Menulis semua yang melintas di otak. Menulis semua yang tercetus dalam pikiran.

Baju editor adalah baju seorang pengoreksi. Baju otak kiri yang bertugas meluruskan dan merapikan bahan yang ada. Baju yang tahu persis bagaimana sebuah aturan digunakan. Baju yang memahat bahan tulisan menjadi rapi dan mudah dibaca. Baju yang membuat naskah biasa menjadi naskah laris membahana.

Dapat perbedaannya?

Nah! Kesalahan banyak penulis pemula adalah memakai dua baju tersebut di waktu yang sama. Memakai baju kreator sekaligus editor ketika sedang proses menulis.

Sekarang Anda sudah tahu solusinya untuk mengatasi Writers Block Anda? Yes! Hanya gunakan Baju Kreator ketika Anda sedang menulis dan gantungkan sejauh mungkin Baju Editor Anda. Baju Editor baru Anda pakai minimal 3 hari setelah Anda selesaikan tulisan Anda. Setelah tulisan Anda mengendap.

Namun ketika menulis, hanya pakai satu baju! Baju Kreator!

Selamat mencoba para penulis Best Seller!

—————

Ada satu kabar gembira bagi Anda di Jakarta dan sekitarnya. Inspirator Academy bekerjasama dengan Elex Media Komputindo menghadirkan sebuah program bimbingan menulis 90 hari dengan garansi : BUKU JADI ATAU UANG KEMBALI!

Dan untuk Anda yang DAFTAR SEBELUM 15 November akan kami berikan diskon Rp 250.000

PLUS! Bagi Anda yang meninggalkan comment di bawah ini, kami tambahkan diskon Rp 250.000

So, total 500.000!

Kelab-Penulis-Muda-11-Inspirator-Academy-eFlyer

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas Beberapa hari yang lalu mungkin teman-teman tahu bahwa saya menginisiasi donasi untuk membantu seorang anak bernama Latif. Sebuah video viral di social media memperlihatkan dia sedang dipaksa menyiram oli bekas…

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

17 comments

    Mantab mas Brow Bri
    dapat info inspiratif
    Baju Kreator
    Bku Editor
    Lagi menekuni hobi berkebON
    Insya Allah suatu ketika merguru biar hobi jadi buku
    Aamiin

    Sangat inspiratif.
    Betul bhw memakai dua baju sekaligus sering saya lakukan. Alhasil, mandeg, stag, stress. He he he

    Itu pelatihannya tiap hr Minggu, atau bagaimana mas? Mohon info. Kl boleh nophone yg bs saya hubungi. Matur nuwun….

    Alhamdulillah. Mantep mas Brilli tipsnya, ini yg sering saya alami waktu ngisi konten blog. Habis kelar nulis pengennya langsung dipublish haha…
    Terimakasih sudah berkenan berbagi

    Bagus sekali artikelnya nih. Pekerjaanku banyak berkaitan dengan menulis, sering sekali saya tidak ide untuk menulis. untuk mengatasinya saya membaca banyak referensi dulu baru muncul ide ide untuk menulis.

    Ketika menulis, kadang keraguan thdp tulisan itu muncul. Takut jelek, tidak dipahami oleh pembaca. Dan ketakutan2 lain. Apakah benar, jika ingin menulis harus diimbamgi dengan banyak membaca? Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *