5 Akun Twitter Penulis yang Rajin bagi Ilmu Menulis

1. @Agus_noor : Agus Noor, dikenal sebagai penulis prosa. Beberapa buku kumpulan cerita pendeknya antara lain Bapak Presiden yang Terhormat (Pustaka Pelajar, 1990); Memorabilia (Yayasan untuk Indonesia, 1991); Selingkuh Itu Indah (Galang Press, 1994); Rendezvous (Galang Press, 1996); Potongan Cerita di Kartu Pos (Penerbit Kompas, 2002) yang memenangkan Hadiah sastra dari Pusat Bahasa; Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia (Bentang Pustaka, 2009) yang dianugeri Buku Sastra Terbaik oleh Balai Bahasa Yogyakarta dan masuh shortlist Khatulistiwa Literary Award. Kumpulan monolognya yang sudah dibukukan adalah Matinya Toekang Kritik (Lamarera, 2005). Cerpen-cerpennya nyaris setiap tahun masuk dalam kumpulan cerpen pilihan Kompas, dan tahun 2012 cerpennya Kunang-Kunang di Langit Jakarta terpilih sebagai cerpen Terbaik Kompas.

Mas Agus ini juga adalah salah satu pendiri akun @fiksimini. Walaupun tidak rutin, twitnya banyak memberikan pencerahan terutama untuk para penulis pemula.

2. @Aslaksana : Laksana pernah menjadi wartawan Detik, Detak, dan Tabloid Investigasi. Selanjutnya, ia mendirikan dan mengajar di sekolah penulisan kreatif Jakarta School. Kini ia aktif di bidang penerbitan. Kumpulan cerita pendeknya yang berjudulBidadari yang Mengembara terpilih sebagai buku sastra terbaik 2004 versi Majalah Tempo.

Buku Creative Writingnya banyak menjadi rujukan bagi para penulis. Dia juga pernah menulis buku tentang hypnosis dan sangat digandrungi sampai saat ini. Tips dan trik menulisnya sangat layak untuk dinanti.

3. @BriliAgung : Penulis yang bisa dibilang sangat langka. Karena dia berangkat dari profesi seorang trainer softskills. Bukunya ada Jangan Bodoh Mencari Jodoh (Elexmedia, 2012). Mencintai Tak Bisa Menunggu (Elexmedia, 2013), Dolphin Dream (Diva Press, 2013), Seni Memantaskan Diri (Elex Media, 2014). Dia juga adalah seorang co-writer dari buku artis dan pengusaha seperti Peggy Melati, Mas Mono, Tri Sumono, dan Nyonyorino.

Saat ini dia adalah Direktur Utama Inspirator Academy. Sekolah public speaking dan writing skills yang sudah memulai kelasnya di Jakarta, Medan, dan Bandung.

Akun twitternya lebih rutin memberikan ilmu menulis dibanding akun lain. Gaya bahasanya yang runut dan teratur juga membantu siapapun memahami bagaimana menulis dengan mudah.

4. @Windyariestanty : Direktur dari Gagas Media grup. Penulis yang berkarakter dan juga sangat menyukai travelling ini sudah menuliskan banyak genre buku. Mulai dari novel hingga travelling, karyanya sangat digemari pasar.

Walaupun akun twitternya lebih sering digunakan untuk berbagi pengalaman travellingnya, namun jika kita beruntung dia akan membantu kita dengan sharing menulisnya di twitter.

5. @benzbara_ : Penulis bernama asli bernard batubara ini rajin menerbitkan bukunya melalui grup penerbitan Gagas Media. Salah satu karyanya yang laris adalah “Surat untuk Ruth.” Fulltime writer yang tanpa ragu memproklamirkan profesinya kemanapun dia pergi.

Lebih sering menyampaikan ilmu menulis via twitternya secara spontan dan sporadis. Dalam bagian yang terpotong-potong namun sering. Berbekal salah satu pekerjaannya yang juga editor, sangat wajar jika tipsnya sangat dinanti.

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

Alien Dalam Dunia Penulis (Tere Liye)

Saya tidak kaget dengan heboh pernyataan Bang Tere Liye kemarin. Karena saya mengikuti pemikiran sekaligus langkah yang ditempuhnya soal keadilan bagi penulis. Termasuk audiensi yang saya lakukan Maret lalu kepada Pak Hestu Yoga selaku Direktur…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *