7 Hal Yang Paling Dikangenin dari Purwokerto

Sebagai manusia yang terlahir dengan anugerah ngapak, walaupun bertahun-tahun merantau buatku Purwokerto adalah rumah. Pesona Bali yang kutinggali 4 tahun, limpahan rezeki Jakarta yang sekarang saya diami tidak bisa melunturkan pesona Purwokerto. Kemanapun pergi, Purwokerto selalu menjadi tempat pulang.

Dan Inilah yang selalu kukangenin ketika jauh dari Purwokerto

Brili

1. Mendoan

Makanan berupa tempe goreng tepung setengah matang ini sering dianggap aneh. Bagi sebagian besar orang, tempe goreng tepung adalah garing. Namun lebih dari 90% yang sudah mencicipi mendoan pasti akan ketagihan. Kelembutannya di lidah berpadu dengan sensasi nylekit dari lombok cengisnya selalu juara. Anehnya, ketika beli mendoan di kota lain selain purwokerto rasanya jadi berbeda. Tidak seenak aslinya.

mendoan

2. Sroto

Sroto bukanlah Soto. Saking khasnya, Ibu saya pernah menyebut soto dari sebuah daerah selain Purwokerto sebagai “Nasi Disiram Air”. Berbeda dengan soto, kuah sroto lebih kental dan renyah karena dicampur bumbu kacang. Campurannya macam-macam namun yang wajib ada adalah mie soun, kecambah, dan daun bawang. Sroto paling enak di Purwokerto adalah Soto Sami Asih di Jalan Pramuka. Sroto di sini sangat legendaris karena sudah ada sejak Mbahku masih muda (Ini serius).

Setiap ada teman dari luar daerah yang saya ajak kesini, pasti 100% minta makan di sini lagi sebelum mereka pulang.

3. Alun-alun

Walaupun di Purwokerto dibangun beberapa taman seperti Andhang Pangrenan dan Bale Kemambang, tetaplah alun-alun menjadi juara. Berulang kali ganti wajah, alun-alun selalu menjadi pilihan banyak warga untuk melepas penat. Puncak keramean alun-alun terjadi saat malam minggu. Jika kamu Jomblo, hindari tempat ini pada malam minggu.

Namun kenangan alun-alun buatku justru setiap fajar menyingsing. Di beberapa titik terdapat penjual srabi dan khamir yang selalu ngengenin di lidah. Jika kamu bawa anak kecil, godaan air mancur di sana akan sangat menggoda untuk mandi. Tolong jangan biarkan belalai belalai gajah mereka menjadi pemandangan ekstra di alun-alun.

alun- alun atas

4. Bukit Bintang

Berani jamin, masih banyak yang asing soal keberadaan tempat ini. Padahal, bukit bintang di Purwokerto itu yang paling asik di banding yang ada di kota lain. Di bangun seperti setangah stadion, jadi ada tempat duduk berundak yang langsung menghadap kota Purwokerto. Jadi bintangnya ada dua macam. Bintang berupa kerlap-kerlip lampu kota dan bintang langit.

Lokasinya ada di Baturaden. Dari pintu gerbang objek wisata Baturaden naik sedikit. Nasehat saya, Jangan sampai nyasar ke gang sa**r jika dalam perjalanan menuju kesini. Dan bagi kamu yang Jomblo temat ini akan membuat kamu tersiksa.

bukit bintang siang

5. Acara seru

Purwokerto adalah kota pelajar. Banyak perguruan tinggi berdiri di sini. Tiga besarnya antara lain Unsoed, UMP, dan IAIN. Dengan banyaknya pelajar di kota ini, selalu muncul acara-acara kreatif yang seru di sini. Dari yang nuansanya hiburan sampe acara training dan pengembangan diri.

Salah satu yang paling seru adalah Training Public Speaking yang di adakah oleh Inspirator Academy. Acara ini selalu menyedot perhatian para pebisnis, karyawan, dan Mahasiswa yang ingin tampil percaya diri saat tampil di depan Umum. Angkatan selanjutnya akan diadakan tanggal 19-20 Desember 2015 di Restoran Pringgading. Silahkan contact Ratna : 085747041021 , jika kamu ingin bergabung.

Confidence Class

6. Mbekayu

Mbekayu dalam bahasa Indonesia adalah kakak perempuan. Mbak, Uni, Teteh dalam bahasa lainnya. Jadi memang sudah menjadi legenda bahwa Purwokerto terkenal akan mbekayunya yang ayu ayu. Jadi jangan heran kalo kamu akan gampang jatuh cinta ketika ada di Purwokerto.

7. Mie Ayam

Purwokerto memang makanan dengan ratusan kuliner enak. Favorit saya adalah mie ayam. Ini mie ayam rekomendasi saya ketika Anda ke Purwokerto.

mie ayam

  1. Mie Ayam Telkom – Dulu terletak di depan kantor Telkom, Jalan Merdeka. Sekarang sudah pindah di Jalan Mardikenya. Porsinya yang brutal dan rasanya yang legendaris, membuatmu pasti gagal move on
  2. Mie Ayam Hijau – Mie ayam hijau ini mie ayam yang dibuat dari bayam sehibgga berwarna hijau. Ngehits sekitar 2 tahun terakhir. Adanya di sebelah PMI Purwokerto, Jalan Adhyaksa.
  3. Mie Ayam Tipar – Adanya di Jalan kolonel sugiono, tidak jauh dari lampu merah Palma yang ke arah Moro. Ada di sebelah kanan, dan warungnya kecil. Tapi sensasi ceker sekaligus balungannya tidak ada bandingannya.

Itu adalah 7 hal yang paling dikangenin dari Purwokerto versiku. Kalo kamu punya hal lain versimu, bagi-bagi donk infonya di kolom komentar. Dienteni ya lur…

Notes :

  1. Kalo kamu naksir kaos merah yang kupakai, langsung kunjungi www.ngapakbanyumas.com. Banyak desain keren di sana. Buanyaak *pake nadanya Isyana
  2. Foto-foto mbekayu di point nomer 6 itu bukan mantan saya. Dan sebagian dari mereka sudah menikah, jadi jangan coba-coba.
CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas Beberapa hari yang lalu mungkin teman-teman tahu bahwa saya menginisiasi donasi untuk membantu seorang anak bernama Latif. Sebuah video viral di social media memperlihatkan dia sedang dipaksa menyiram oli bekas…

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

40 comments

    Mie ayam pajak.. letaknya di jl.Gatot Subroto sebelah kantor pajak purwokerto. Mienya yg khas & daging ayam kampungnya bikin org ketagihan..

    Yg terbaru di purwokerto, RM. Kampung Logawa – Leisure Park @ Jl. kompleks Makam Syech Maqdum Wali – Karanglewas ( dpn monumen jend.sud ) dengan konsep megah tp harga murah…berada ditepian sungai logawa dg fasilitas Waterpark, Meeting Room, Hall, Vip, Kidsfun, Gasebo, Resto, Hotspot.
    Pokoknya wajib cobain deh, olahan Gurameh cuma 10.000an/ons dan paket box mulai 13.000an/paket( free Meeting Room )…#justinfo

    Tempat wisatanya juga dong pak
    Curug cipendok, curug telu (desa karang salam baturraden)
    Curug ceheng
    Curug belot
    Dll
    Termasuk rumah gw sendiri yang berada di kaki gunung slamet ,tenjo kemutug lor

    kangen tanah kelahiranku purwokerto. kangen mendoan pecel depan prudential, soto jalan bank, bakso pekih, mi ayam kamandaka, burger aroma dan buanyakkk lagi.. hmmmm pengin cpt plg.

    Waduh enak2 semua itu mas brilly……mantap. Tapi Yang lebih mantap lagi dan bikin cewek2 kemintil minthil pasti bukan kulinernya ato tempat yang melegenda dibanyak orang. Tapi apanya ya kira2 yang bikin all people of strata level terpesona?? Great mas brilly I impressed you.

    Aja kelalen kangmase…serabi jalan bank jg dadi kangenan wong perantauan…termasuk ak. Tiap Bali mesti kudu tuku serAbi sing cedek museum BRI

    mie ayam telkom memang juara, dari tahun 2009 saya merantau ke PWT selalu jadi tempat optional kalo lagi mau makan , btw itu mbekayunya bisa di pesen wkwkwkw

    Skarang tambah bnyak wisata nyA mas…. Contoh curug 3 di desa karang salam baturraden curug abang dan kembar d kemutug lor curug belot di rempoah bnyak deh.. Purwokerto ttp rumah yg paling nyaman wlw cari duit susah.. :d

    Es/sop duren dpn gor satria.itu cabang dr purbalingga.daging duren nya byk bikin lumer di mulut.
    Tantene di pabuaran dan krgsalam tmpt mkn murah meriah di daerah kampus.bikin inget jaman kuliah dulu.

    Mie ayam pak …. (kelalen)
    Mie ayam ini terletak 10 m di selatan perempatan larangan, desa kembaran kec. Kembaran.
    Terlihat , tempatnya sederhana tak seperti warung makan dikota apalagi restaurant.
    Tapi mie ayam dengan kuah kacang yg menyihir lidah disini bagi saya paling enak yg pernah saya coba.

    Mas, dah pernah ke Mie Ayam Kumis belum? itu mie ayam legendaris juga lho..sebelah kiri sebelum perempatan Glempang. Memang belum pernah apa lupa mas? Enaknya ga ketulungan bener..pokoknya lain daripada yang lain. Walaupun rumah saya di teluk saya lebih memilih ke utara untuk mendapatkan rasa yang luar biasa. Memang sih tempatnya sempit..tapi pengunjungnya..ga pernah sepi.

    Mampir ngalor meng purbalingga ana sroto sing nyamleng bangeet sroto bu misdar nang bancar perek karo brug kali klawing

    Nek sroto ujarku sing nylekamin banget ya pereke lampu bangjo sokaraja sedurunge getuk goreng.trus ana sate watumas pas pertelon SPN.pokoke purwokerto the best lah…….

    Kanggone enyong, sing ngangeni sekang Purwokerto gemiyen ya mantan gacoane enyong lah (cara inggrise pacar) Gung. Gemiyen jaman esih runtang-runtung gawene nonton biskup neng presiden utawa rajawali theater embuh saiki esih ana apa ora? Perkara sroto, mendoan, Baturaden, Pancuran pitu kuwe tah wis ora perlu diomong, banget ngangeni pisan. Gung, enyong arep takon, kowe Purwokertone ngendi? Udu kalisalak banjar mbok? Utawa Braling Purbalingga mbok? Ora sih ngenyek wong pinggiran Purwokerto, mung mergane anggere ketemu wong sing ngaku asal Purwokerto, angger ditlusuri maning cempulek, jebul asale sekang panggonan adoh, contone sekang daerah Purbalingga, Ajibarang malah Banjarnegara kana. Wis kaya kuwe Gung….

    Urung maning getuk sokaraja ne,,ya mbok,,getuk rasa duren,,durenne mung seblindi,,ora ambu acan,,wkwkwk,,kelingan gemiyen love PLIKEN lah kokoke,

    Nemu Blog ini ga sengaja,purwokerto emang ngangenin,4th 2 bulan kuliah disana,jd slalu ingin balik ke Pwt lg,kulinernya top2 bgt dah apalagi bahasanya,aja kayak kuwek,Getuk goreng,sroto dan mendoan yg paling slalu diingat

    Pastinya telaat ni komen, saya dan istri bukannya kebetulan karena ini pasti takdir Allah, kami alumni Unsoed fak.ekonomi. saya angk th 94 dan istri ang th 96. kami punya hobi dan hasrat yang sama ” selalu kangen purwokerto”. Dalam setaun minimal sekali kami selalu kesana, atmospherenya selalu ada dalam diri kami.

    Nek mi ayam sing maen kayane tah mi ayam jaelani komplek kampus bahasa unsoed jl kampus..nek sroto ya kae sroto pak tama daerah lor Rita supermarket bondalem ngetan sitik thok..nek bakso ya nyong ora patia paham wong nyong ora patia seneng bakso si..haha..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *