“Our Corporate Value Are Our Soul and Spirit.”

Catatan ini adalah sebuah CEO Message internal yang sebenarnya hanya saya kirim untuk internal tim Inspirator Academy. Namun kali ini saya ingin membagikannya kepada semua pembaca. Semoga bermanfaat.

Dalam weekly meeting pada tanggal 23 Agustus 2015 saya sudahmempresentasikan tiga fokus utama Inspirator Academy di tahun 2016. Sebuah rencana business development yang sudah mulai kita siapkan nafasnya dari sekarang.

1. Membuka 3 cabang Inspirator Academy daerah
2. Membuka lini bisnis baru di Universitas
3. Dan membuat platform baru untuk produk e-commerce

Kita masih menuju visi yang sama. Yaitu mencetak Inspirator Juara Indonesia. Saat ini alumni kita yang sudah berjumlah lebih dari 500 orang. 50 orang sudah menjadi pembicara publik yang mumpuni, lebih dari 50orang sudah menjadi penulis buku. Percayalah, kita sedang berada di track yang tepat.

Walaupun jalanan yang sedang kita tuju memaksa kita untuk mendongak dan menyiapkan nafas panjang.
Satu-satunya peluang kita untuk sukses mendaki bersama menuju target itu adalah dengan berpegang teguh pada 5 core value kita. SMILE(Spiritual, Meaningful, Integrity, Leaning and Excellent Service). Setiap nafas kita harus menghembuskan lima core value IA. Dan pada akhirnya inilah yang akan menjadi sebuah experience untuk setiap customer kita.

Customer Kita MendapatkanExperience (Value versus Price)
Jika ditanya tentang Harley Davidson, apa yang ada dipikiran kita? Hampir tidak ada yang menjawab bahwa harley adalah motor. Ya,kita akan heran dengan orang-orang yang membeli Harley. Udahlah berat, bawanyasulit, knalpotnya berisik, dan tarikannya tidak kencang. Namun harley bukan motor. Harley adalah harley.

Jika mau sepeda motor untuk transportasi ga usah beli harley, Honda atau Yamaha itu sudah cukup. Pengalaman mengendarai harley adalahvalue life style untuk seorang laki. Simbol kejantanan dan kemapanan seoranglaki. Itulah kenapa perusahaan memberikan harley sebuah value “Real Men wearHarley.” Itulah experience.

Contoh lain saya ambil dari Air Asia dan C*tilink. Jika Anda perhatikan, apa yang dilakukan dan dirintis C*tilink semua menjiplak habis AirAsia. Logo, Gimmick, Iklan, bahkan sampai harga! Bedanya hanya ada di entitas warna. Satu merah, satu hijau. Namun apakah brand image c*tilink mampu menggeser Air Asia? No.

Vibrasi yang ditiupkan Tony Fernandes di Air Asia adalah vibrasi rebel atau pemberontak. Ketika kita menaiki Air Asia, kita tidak sedangmenaiki maskapai dengan harga miring, namun kita sedang memuaskan sisi pemberontak dalam diri kita yang diwakili Tony Fernandes.
Bayangkan bagaimana seorang Tony Fernandes bisa mendobrak keangkuhan Malays*a Airlines dengan kekuatan media. Bisa mendapatkan izin otoritas Singapura yang njelimet dan banyak aturan. Bisa membongkar Indonesia yang terkenal korupsi oknumnya. Semuanya dia lakukan dengan kekuatan media dan strategi David vs Goliath. Untuk itulah banyak yang memilih Air Asia karena itu mewakili sisi liar seseorang. Vibrasi itulah yang tidak ada di c*tilink.

Izinkan customer Inspirator Academy merasakan vibrasi Spirituality, Meaningful, Integrity, Learning, dan Excellent Service yang kita bungkus menjadi SMILE atau Happiness.

Cover Buku Yang Indah Menjadi Wajib setelah Isi buku yang bagus

Apa rahasia kesuksesan Mc Donald? Big Mac? Ayam Goreng? Atau di Patty nya?
Tidak. Menurut saya lebih enak ayam di Mas Mono.
Apa yang membuat banyak laki-laki menjadi fanatik dengan Harley bahkan membuat tato dengan merk tersebut? Keceptan? Kehandalan Mesin?Estetika body?
No.. Harley tidak bisa berlari kencang dan mesinnya tidak setangguh gunung himalaya.
Kenapa Apple bisa membuat fanboy nya tergila-gila padahal harganya selangit? Apakah karena kecanggihan fitur atau kehandalan aplikasinya?BIG NO!
McD , Harley, Apple sukses bukan karena apa yang disebut content atau produk yang mereka yang mereka tawarkan. Bukan karena Apa yang mereka berikan kepada pelanggan.
Mereka bisa merajai pasar, karena context. Bungkus yang mereka balutkan pada produknya. Tentang bagaimanacara mereka memberikan produknya ke pelanggan..

MC donalds sukses dengan konsep service, cleanliness dan value nya, yaitu familyvalue!. Keramahan kepada anak-anak dengan disediakan arenabermain, event-event khusus ulang tahun, merchandise hellokitty, dinosourus, toy story di bungkus dengan fun dan friendly. Itu semua adalah context!
InspiratorAcademy akan sukses dengan konsep Spirituality, Meaningful, Integrity, Learning dan Excellent Service nya. Yang dibungkus menjadi smile atau happiness.

Akhir bulan ini kita akan berkomitmen untuk lebih serius memupuk satu core value kita yaitu Spiritual. Tantangan dan target bisnis kita ke depan akan selalu tambah besar. Kemarin kita sudah update bahwa 2016 ada 3 target besar BUsiness Development. Dan itu butuh ikhtiar yang betul-betul kuat. Langit dan Bumi. Dunia dan Akhirat.

Dan visi kita sama. IA akan kita bentuk menjadi Spiritual Company. Yang menyatukan kita jangan sampai hal duniawi, namun akhirat. Oleh karena itu, mulai minggu depan saya mewajibkan kita akan adakan kajian khusus mingguan. Dua jam setiap minggu.Insyaallah kita akan dibimbing seorang Murabbi dan Mentor yang luar biasa.Beliau sudah siap untuk membimbing kita setiap hari senin pukul 17.00.

Mari sebelum menularkan vibrasi SMILE Inspirator Academy, kita sama-sama jiwai mulai dari diri kita sendiri.

Brili Agung
CEOInspirator Academy

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas Beberapa hari yang lalu mungkin teman-teman tahu bahwa saya menginisiasi donasi untuk membantu seorang anak bernama Latif. Sebuah video viral di social media memperlihatkan dia sedang dipaksa menyiram oli bekas…

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *