3 HAL INI AKAN MEMBUATMU LEBIH BERMANFAAT SEBAGAI PENGUSAHA MUDA

Kamu tahu apa itu HIPMI?

HIPMI itu bukan Himpunan Papah Muda Indonesia, bukan juga Himpunan Pemuda Mantuable Indonesia. Tapi HIPMI itu Himpunan Pengusaha Indonesia.

Jadi ceritanya, dua minggu yang lalu saya baru dilantik menjadi anggota HIPMI. Tepatnya HIPMI Jakarta Raya oleh Pak Wagub DKI. Apa yang saya cari di sana? Tentunya KOLAM PENUH PENGUSAHA MUDA. Sebuah arena dimana Pak Jokowi dan Pak JK pernah ditempa di organisasi ini.

af3a6ec4-e7c6-40af-8828-6d2f72eab626

Ada yang menarik ketika saya mengenal lebih jauh 98 sahabat baru angkatan 2015 di HIPMI Jaya. Mereka muda, kaya raya, dan tentunya, BERBAHAYA. Bisnisnya mulai dari bisnis Energi, Maritim, Properti, hingga bisnis kuliner semua ada. Ada Andy yang tiap minggu bolak balik Singapura-Jakarta untuk membangun bisnisnya di ASIA, Ada Harry van Sidabukke yang punya Law Firm gede abis, ada Heru yang aktif di KADIN dan Politisi ulung salah satu parpol, ada Kawe yang jadi produser artis-artis papan atas Indonesia, dan itu baru sebagian kecil aja. Ada 95 pebisnis muda yang pencapainnya gokil-gokil semua! Hanya saya satu-satunya penulis yang eksis di angkatan 2015. Dan itu membuat saya merenung. Saat sahabat baru saya ini tahu bahwa saya penulis, banyak dari mereka yang mengungkapkan unek-uneknya.

Well, secara financial mereka sudah proven sukses. Sebagian besar sudah mapan dan bahagia membangun keluarganya. So, whats next?

Dari kegelisahan itulah, yang menginspirasi saya untuk membuat tulisan ini. Kenapa jika kamu pengusaha muda, pencapaian selanjutnya adalah BUKU karyamu?

  1. Dengan BUKU kamu bisa LEBIH LELUASA BERBAGI

Saya yakin, setiap orang memiliki DNA untuk berbagi. Berbagi itu ga selalu dalam bentuk materi. Justru berbagi ilmu, cerita, dan pengalamanlah yang jauh lebih menginspirasi. Bisa kamu bayangkan, di luar sana ada seorang anak manusia yang hidupnya berubah karena membaca bukumu. Yang mungkin bahkan kamu ga tau namanya. Tapi kisah dan pengalaman hidupmu bisa mengubahnya.

Saat itulah kebahagian sejati akan meresap dalam diri. Lebih dari itu, ilmumu yang bermanfaat itupun akan dikonversi menjadi amal ibadah. Trust me!

 

  1. Dengan BUKU, kamu akan HIDUP SELAMANYA!

Oke, katakanlah semua bisnismu bisa kamu wariskan ke anak cucumu. Kamu sudah membangun bisnis ini untuk masa depan mereka. Setelah kamu meninggal nanti, apa ada jaminan bahwa yang sudah kamu bangun akan bertahan selamanya? Bermanfaat sampai keturunanmu yang keberapa?

Setiap kali saya mengadakan training atau workshop, saya selalu melakukan penelitian kecil-kecilan. Pertanyaannya sederhana,

“Yang hafal nama kakek dan neneknya silahkan angkat tangan.”

Believe It or not, dari 10 orang rata-rata hanya 3 orang yang mengangkat tangannya. Artinya apa? Kakek dan Neneknya tidak cukup “penting” untuk diingat oleh cucunya.

Beda halnya jika kamu menuliskan kisah hidupmu, dan cucumu kelak akan membacanya. Haqul yakin mereka pasti bangga menjadi keturunanmu. Karena ketika kamu menulis buku, jasadmu boleh saja mati. Namun tidak dengan karyamu.

 

  1. Dengan BUKU dunia akan mengenal bisnismu

Saya lebih suka jika bagian ini menjadi BONUS jika para pengusaha menuliskan bukunya. Ini akan berIMPACT pada pengembangan bisnis. Siapa dari kamu yang mengenal Ayam Bakar Masmono atau Pecel Lele Lela? Bisnis kuliner yang sudah menggurita di nusantara.

Dua tahun yang lalu, sebelum saya membantu mas mono menuliskan bukunya, sebagian besar outletnya ada di Jabodetabek saja. Ketika bukunya sudah saya selesaikan dan akhirnya terbit kemudian diedarkan di seluruh Indonesia, banyak orang yang tiba-tiba menghubunginya. Untuk apa? Tentu untuk membuka cabang outletnya!

Mas Mono nya bisa jadi belum menginjak kota yang akan dia bangun cabangnya. Namun karyanyalah yang mendahuluinya dan mengenalkan bisnisnya ke lebih banyak orang.

So, buku ini saya bisa bilang lebih efektif dibandingkan iklan untuk kasus ini. Dan pastinya, budgetnya jauh lebih terjangkau dengan IMPACT yang lebih DAHSYAT!

 

Jika kamu memiliki ide brilian, suatu gagasan bisnis yang bermanfaat untuk banyak orang maka BUKU bisa menjadi MEDIA yang ASIK, KEKINIAN, dan EFEKTIF. Jangan ragu untuk menghubungi saya yang akan membantumu menuliskannya. Kapanpun kamu siap.

AhO4Bmqf5mf-SsayEJvFroyXBNN1lrpoBL0DVAvdtVlY

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas Beberapa hari yang lalu mungkin teman-teman tahu bahwa saya menginisiasi donasi untuk membantu seorang anak bernama Latif. Sebuah video viral di social media memperlihatkan dia sedang dipaksa menyiram oli bekas…

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *