7 Bisikan Setan Ini Membuat Kamu Selamanya Tidak Bisa Jadi Penulis!

“Jika seseorang benar-benar memiliki niat, maka yang muncul dikepalanya adalah jalan. Namun jika tidak, yang muncul pastilah alasan.”

Saya yakin, siapapun Anda yang sekarang sedang membaca tulisan ini pasti suatu saat ingin menjadi penulis. Ingin agar tulisannya mampu menginspirasi banyak orang. Bahkan memiliki mimpi suatu hari bukunya ada di rak toko buku kesayangan.

Ya kan?

Nah, sayangnya kencangnya niat itu biasanya diiringi dengan bisikan-bisikan setan laknat yang seringkali menghantui. Bisikan itu akhirnya berbuah alasan. Mari kita bahas bisikan – bisikan itu.

Brili-1

 

Pengen jadi penulis, tapi ga suka baca..

 

Brili-2

 

Hehehe ga ada yang nyuruh kamu suka baca ko. Ini kan menulis, dan percaya deh setelah keranjingan nulis pasti nanti akan kecanduan baca.

 

Brili-1

 

Ga punya ide mau nulis apa!

 

 

Brili-2

 

Ide itu selalu ada. Dan sebagaimana saya pernah sampaikan di Malam Penyihir Aksara, ide itu muncul dari kegelisahan. Coba tanyakan ini pada dirimu. Pengalaman apa yang menurutmu paling menyakitkan? Apa yang mengganggu tidurmu akhir-akhir ini?

 

Brili-1

 

Mulainya darimana ya?

 

Brili-2

 

Selain Aa Gym, saya juga punya rumus 3 M. Mulai dari yang kepikiran, Mulai dari yang termudah, dan Mulai dari sekarang! Ambil aja apapun yang bisa kamu pake buat nulis dan mulai tuangin kata demi kata. Trust me, Its Works!

Brili-1

 

Ga punya gadget yang mendukung.

 

Brili-2

Lha ente pikir Al Quran ditulis pake netbook? Gimana dengan Sutan Takdir Alisjahbana? Marah Rusli? Shakespeare? Kalo alasan mereka gadget ya ga bakal ada karya-karya legendaris mereka. Bahkan penulis sekelas JK Rowling pertama menuliskan Harry Potter juga di tisu toilet.

 

Brili-1

 

Ga ada yang nyemangatin, semangatnya tai-tai ayam gitu deh.

 

Brili-2

Tenang, untuk itulah saya dilahirkan. Saya siap jadi mentor kamu. Ada dua program di Inspirator Academy yang langsung saya handle. Mentoring Menulis Online dan Kelab Penulis Muda. Semuanya saya mentorin biar kamu jadi penulis buku. Iya penulis buku, bukan Cuma penulis doank. Semua ada jalannya.

 

 

Brili-1

 

Kalo udah jadi tar mau nerbitin dimana? Denger-denger nerbitin di penerbit major susah.

 

Brili-2

Helaaaw… Penerbit major yang terdaftar di IKAPI itu lebih dari 3000 penerbit. Belum lagi sekarang ada yang namanya self publishing. Kamu bisa nyoba berbagai kemudahan lewat self publishing. Favorit saya adalah nulisbuku.com . Dan sekarang pun buku terbaru saya mau saya terbitin Indie. Mau dijual sendiri. Malah secara finansial, untungnya jadi jauh lebih banyak.

Brili-1

 

Susah merangkai kata, katanya mentok itu-itu aja.

 

Brili-2

Gini, paling gampang adalah coba buka gadget kamu, disitu ada aplikassi rekaman kan? Nah, kamu mulai aja ngomong apa yang ada di pikiran kamu saat ini. Kalo nulis segitu susahnya, pasti ngomong ngga kan? Kalo udah selesai rekamannya tinggal di tulis deh.

 

 

Daftar ini bisa saya teruskan sampai 7.000 bahkan 7.000.000 alasan kalo saya mau. Saking banyaknya bisikan-bisikan yang menghalangi kamu untuk wake up dan mulai menulis. Paling tidak satu buku sebelum kamu mati. Agar anak cucumu, tahu siapa kamu. Agar ilmu mu abadi dan bisa dihitung sebagai amalan yang tidak terputus pahalanya walau kamu sudah tiada.

Your Choice!

Nah bagi kamu yang ngebet pengen nulis, saya 1 November akan membuka kembali Mentoring Menulis Online angkatan ke 5. Dimanapun kamu, siapapun kamu, asal kamu terhubung dengan internet kamu bisa jadi penulis buku. Action aja buat daftar via sms, maksimal sms Cuma 350 perak kan? Paling tidak kamu udah mendekatkan dirimu selangkah lagi jadi penulis.

Never Try, Never Know

 

brili-3

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas Beberapa hari yang lalu mungkin teman-teman tahu bahwa saya menginisiasi donasi untuk membantu seorang anak bernama Latif. Sebuah video viral di social media memperlihatkan dia sedang dipaksa menyiram oli bekas…

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *