7 Teknik Memukau Membuka Tulisan

Mengakulah, salah satu bagian paling sulit dan membutuhkan waktu yang paling lama adalah di paragraf pembuka untuk membuka tulisan. Karena memang kalimat dan paragraf pembuka ini adalah salah satu bagian paling krusial dalam tulisan. Anda gagal di sini, jangan berharap untuk berhasil memikat pembaca di paragraf berikutnya.

“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda!”

1. Pembukaan dengan Pertanyaan ke Pembaca

Contoh:

Berapa banyak dari Anda yang menjalani cita-cita seperti yang Anda impikan saat kecil dulu?

Walaupun saya tidak memiliki data pastinya, saya bisa memastikan sebagian besar dari Anda tidak menjalani profesi seperti yang Anda pernah cita-cita kan. Paling tidak termasuk saya sendiri, waktu kecil dulu saya bercita-cita menjadi seorang dokter. Namun nyatanya saat ini profesi saya jauh dari dunia medis.

Atau

Apakah mungkin di kehidupan selanjutnya, aku bertemu denganmu?

Rendi menggosok-gosokkan tangan. Angin lembah telah berputar-putar menghilang naik keatas. Ia melirik pada tim pendakian yang sedang terlelap di tenda, memutari api unggun. Sejenak ia berpikir untuk membuat kopi, sekedar menghilangkan tusukan jarum oleh embun pada dadanya.

2. Pembukaan dengan Kutipan

Contoh:

“Ilmu ibarat hewan buruan, dan tulisan adalah tali kekangnya. Maka, ikatlah ilmu dengan tulisanmu… agar tak terlepas, ikatlah ilmu mu dengan tulisan” _Sayidina Ali_

Kita dilahirkan dengan bekal akal yang luar biasa. Akal yang selalu kita gunakan untuk menambah ilmu dan ilmu setiap harinya. Kita berangan-angan untuk mengamalkannya. Namun jika sampai saat ini kita tidak mengabadikannya, apa yang mau kita wariskan?

When words are both true and kind
They can change the world
-Buddha-

Rona menatap nanar pada rumput meninggi di depannya. Air mata kembali bersumber pada hatinya. Rasa itu kembali ada. Rasa benci pada seseorang yang telah menghabisi suaminya. Ia berjalan pelan ke arah gundukan itu. Tanah di atasnya kering. Tak tampak taburan kenanga, mawar, dan kantil. Semuanya diam. Semuanya sepi.

3. Pembukaan dengan Dialog

Contoh:

“Kamu mencintaiku?” Tiwi menatapku tajam.

“Menurutmu kenapa aku dua kali memintamu untuk menjadi istriku ke Papamu?”

“Aku cuma takut kamu pergi.”

4. Pembukaan dengan Onomatopoeia

Onomatopoeia adalah tulisan yang menirukan suara. Seperti suara kucing meong, suara anjing guk…guk…

Contoh:

Ciiiiitt…..cittttt. Aku mengejar makhluk berkaki empat hitam menjijikkan. Ekornya yang menjuntai panjang seolah ingin membuatku muntah. Dengan amarah yang membuta aku membuat umpatan karena tempe-tahu-ku yang baru kugoreng lenyap. Kalau saja aku punya uang, maka aku akan dirikan pabrik racun tikus paling super sedunia.

5. Pembukaan dengan Fakta

Contoh:

Pada tahun 3000, Indonesia terpecah menjadi dua negara. Negara Hitam dan Negara Kuning. Julukan hitam timbul karena daerah tersebut lebih banyak terdiri dari hutan dengan batubara dalam kandungannya. Sementara Negara Kuning mempunyai kandungan emas di dalamnya. Menurut perjanjian sesudah perang panjang selama seratus tahun, Negara Hitam dan Negara Emas dapat saling mempertukarkan sumber daya utama mereka. Hitam memberikan batubara sebagai sumber enerti Negeri Kuning. Kuning memberikan emas sebagai pemoles peralatan Negeri Hitam.

6. Pembukaan dengan Teka-teki/Humor

Contoh:

Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin

Hari esok harus lebih baik dari hari ini

Yang jadi pertanyaan

Hari ini hari apa yaa?

Teman-teman Chacha melongo. Mereka menatap cewek berambut bob itu melenggang menuju tempat duduknya. Mereka saling berpandangan. “Dia barusan ngomong apa, sih?” Ragil mengangguk-angguk mengiyakan. “Iya. Kalau cuma bertanya hari ini hari apa kok muter-muter dulu.” Ia meninggalkan teman-temannya ke kantin sambil garuk-garuk kepala.

7. Pembukaan dengan Penggambaran Setting atau Tokoh

Contoh:

Menning mempunyai segala kesempurnaan yang dimiliki oleh wanita. Rambut panjang lebat. Mata merona berbingkai bulu mata lentik. Tubuh jangkung dengan ukuran 175 sentimeter, berbalut kulit selembut sutra dan secerah susu.


Nah, untuk kamu yang kemarin komentar di tulisan ini belum mendapatkan e-book “3 Harta Karun Penulis”, kamu bisa mendapatkannya dengan menulis ulang e-mail mu di kolom komentar di bawah.

Jika komentar tulisan ini sudah menembus 50 komentar, saya akan membagikan e-book baru berjudul “Menjadi Jagoan Fiksi dalam 1 Hari”

Silahkan di share tulisan ini, agar semakin banyak orang mendapat manfaatnya dan kamu dapat e-book nya :)

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Menjadi Penulis Biografi (Jasa Penulisan Biografi)

Soal menulis biografi, banyak yang bertanya kepada saya? “Mas, nulisin biografi itu sulit ga sih?” “Mas, caranya buat masarin jasa biografi itu bagaimana sih? “Mas, cara matokin harga jasa kita bagaimana sih?” Well, saya akan…

Resign Dari Menulis

Resign dari menulis? Bulan ini saya banyak ketemu orang-orang luar biasa. Salah satu partner sekaligus mentor bisnis, suatu waktu pernah meminta izin untuk menghitung valuasi salah satu perusahaan yang saya miliki, Inspirator Academy. Hasilnya membuat…

[REVIEW BUKU] SIRKUS POHON – Andrea Hirata

Seberat Apapun Hidup, Tetap Ada Yang Bisa Ditertawakan – Sirkus Pohon Anjay! Xian Nying! Hanya umpatan dan makian yang berlalu lalang dalam kepala saya ketika dalam waktu kurang dari 12 jam saya menyelesaikan karya ke-10…

Tentang Syarat Beli 500 Buku Bagi Penulis Dari Penerbit

Saya disini memosisikan diri sebagai penulis yang sudah ratusan kali berurusan dengan major publisher mengenai proses terbit menerbitkan sebuah buku. Baik itu buku alumni dari Inspirator Academy maupun buku saya sendiri. Jadi apa yang saya…

Surat Terbuka Untuk Bapak Ken Dwijugiastedi. (Direktur Jenderal Pajak)`

Yang dibacakan kepada Bapak Hestu Yoga Saksama (Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Dirjen Pajak) pada tanggal 14 Maret 2017 di Hotel Le Meridien, Jakarta Assalamualaikum Wr Wb Perkenalkan,saya Brili Agung. Pengurus HIPMI dan seorang penulis…

33 comments

    Kereeennn!!! Bagus nih buat bahan masukan untuk paragraf awal tulisan saya. Makasih mas.

    Bagi2 ebook nya dongg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *