Diary Penulis Biografi –Klien Pertama Untuk Ghostwriter Pemula

Diary Penulis Biografi –Klien Pertama Untuk Ghostwriter Pemula

Selamat malam writers!

Ada yang unik minggu ini. Tak ada angin dan tak ada hujan, ada dua gadis mengontak saya untuk berdiskusi 1 pertanyaan yang sama. Satu melalui surel. Yang satunya bahkan kemarin dibela-belain untuk datang ke kantor, menunggu hampir satu jam untuk bisa berdiskusi. Ditambah, rumahnya yang terbilang jauh dari kantor. Dua jam perjalanan dia lalui.

Pertanyaan apa itu?

Ya! Tentang bagaimana cara memulai menjadi ghostwriter untuk pemula dan bagaimana caranya mendapatkan klien pertama!

Baiklah, saya kutipkan isi surel lengkapnya :

 

Penulis Biografi

Baiklah, ini jawaban saya :

Pertama-tama, menjual jasa co-writing , ghostwriting atau penulis pendamping tidaklah terlalu beda dengan jualan jasa lainnya.

Sekarang saya minta kamu untuk membayangkan jika posisi kamu ada pada calon klien yang sedang mencari bantuan untuk membantumu menulis buku. Apa yang akan kamu lihat pertama kali?

  1. Reputasi
  2. Portofolio

Dua hal itulah yang paling utama bukan?

Apalagi kamu ada di posisi mau mengeluarkan uang untuk itu.

Nah, jadi dua hal di atas kata kuncinya. Jika kamu ingin membuat klien trust denganmu, maka tonjolkan dua hal di atas.

Tapi saya kan pemula? Saya masih lemah di dua hal itu. Oke, saya kasih saran kepadamu untuk :

  1. Niatkan belajar untuk menuliskan buku orang lain sebagai co writer atau ghostwriter. Artinya, disini kamu jangan mematok tarif terlebih dahulu. Niatkan bantu-bantu. Lha terus kita dapat apa? Ya pastinya dapat pengalaman, dan kalau buku tersebut selesai, itu bisa jadi portofolio kamu.

Tidak ada jalan pintas. Saya dulu juga memulai perjalanan sebagai ghostwriter dengan menuliskan buku teman tanpa dibayar.

 

  1. Ikut membantu project co writer atau ghost writer senior. Tawarkan bantuan untuk membantu co writer atau ghost writer senior. Tawarkan bantuan secara tulus dan tanpa mengharap imbalan. Kenapa ini penting? Karena yang butuh untuk belajar itu kamu. Sedangkan co writer yang hendak kamu bantupun, tanpa bantuan kamu tetap bisa menyelesaikannya.

Saya pun juga dulu melakukan hal yang sama. Ikut bantuin senior. Dapat fee syukur, ngga dapet fee juga gapapa, yang penting dapat ilmunya.

 

Nah, jadi itu sebagian kecil hal-hal yang bisa saya ungkapkan dalam tulisan kali ini untuk menjawab pertanyaan di atas.

Untuk menutup tulisan ini, izinkan saya menawarkan bantuan bagi kamu yang ingin menjadi penulis biografi pemula. Saya ingin membantu kamu dengan mengajak kolaborasi.

Jika misalnya kamu punya calon klien atau klien yang potensial, saya bisa bantu agar bisa deal. Secara profesional tentunya. Saya bantu di depan untuk meyakinkan calon klien, lalu untuk proses penulisannya, saya kan mensupervisi kamu sampai selesai. Pun juga dengan jasa tambahan lainnya. Editing, layout, desain cover, penerbitan, distribusi buku, hingga launching, saya siap bantu. Tentunya dengan bantuan profesional tim dari Inspirator Academy.

Win- win solution?

Nomer WA saya selalu aktif di 087860751356 ko.

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Diari Penulis Biografi – Wujud Paling Tinggi Dari Cinta

Dalam tulisan saya DI SINI , saya pernah menuliskan bahwa hal yang paling saya syukuri dari menjadi co/ghost writer / penulis biografi adalah bisa bertemu sekaligus berinteraksi dengan banyak orang berilmu. Bisa face to face empat…

Dilan 1990 . Menulis Cerpen Atau Novel Based On True Story? Ini Resikonya!

Foto diambil dari sini Ketika membaca ini, apakah kamu termasuk salah satu dari 4.000.000 penonton yang sampai hari ini sudah menonto Film Dilan 1990? Atau baca novelnya? Sampai sekarang baik novel dan filmnya masih laris…

#JumuahBerfaedah – Indonesia Timur Dan Senyum Yang Tumpah

Apa yang paling kamu syukuri Jumat ini? Jika kamu bertanya kepadaku, yang paling kusyukuri adalah telah terbitnya buku ke- 28 dan buku ke-29. Ya, kedua buku tersebut resmi lahir di waktu berdekatan dengan lahirnya buku…

Pengumuman Project Subuh, Cinta, Dan Rahasia

Akhirnya selesai sudah proses penilain project Subuh, Cinta, dan Rahasia yang penuh drama ini. Sempat tertunda seminggu, akhirnya 17 Oktober 2017 hasilnya bisa direlease.   Drama pun tidak berhenti sampai situ. Ternyata  setelah pengumuman tanggal…

Menjadi Penulis Biografi (Jasa Penulisan Biografi)

Soal menulis biografi, banyak yang bertanya kepada saya? “Mas, nulisin biografi itu sulit ga sih?” “Mas, caranya buat masarin jasa biografi itu bagaimana sih? “Mas, cara matokin harga jasa kita bagaimana sih?” Well, saya akan…

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *