Alunan Perjalanan

Refleksi 2013 edisi kali ini menyajikan memoar perjalanan selama 2013. Bisa diakui, sepanjang umurku memamng tahun 2013 yang paling banyak diwarnai dengan perjalanan-perjalanan seru. Dan semoga catatan ini bisa menjadi referensi buat kamu yang suka jalan juga. Bisa jadi buat motivasi agar bisa jalan-jalan tapi…. gratis!

Aku pilih 7 diantara puluhan cerita traveling.. So, enjoy!

JOGJA

“Pulang ke kotamu, Ada setangkup haru dalam rindu”

Siapa sih yang ga kangen sama jogja? Buat kamu yang udah pernah kesini pasti pengin balik lagi. Tapi di bulan februari 2013, aku kesini bukan untuk pergi ke ramai kaki lima yang menjajakan sajian khas berselera. Aku kesini untuk menunaikan sebuah misi suci nan mengasyikan!

Apa itu? KELAS INSPIRASI! Menginspirasi sehari di sebuah SD nun jauh di pelosok Sleman sana. Di kaki gunung merapi. Melihat anak-anak dengan mata berbinar saat kamu ngejelasin profesimu, its really priceless moment!

 

Mereka, Tanggung Jawab kita!
Mereka, Tanggung Jawab kita!

Aku : “Annisa kalau udah besar mau jadi apa?”

Annisa : “ Mau jadi penyanyi internasional Pak Guru..”

Aku : “ Wow! Kenapa? !”

Tidak biasanya anak kecil akan memilih cita-cita itu. Lazimnya mereka akan menjawab guru, dokter, atau profesi yang familiar dengan mereka.

Annisa : “ Aku pengen jadi penyanyi internasional biar nanti ayah dan ibu bisa liat Annisa. Sampai sekarang Annisa belum pernah ketemu mereka Pak..”

Aku : ……….. *Speechless *usap mata

BELITONG

Sebuah skenario Tuhan kembali membawaku ke perjalanan ajaib ini. Niat awalnya Cuma mau ngisi sehari di training nya Kementrian Kesehatan. Tapi apa daya, penanggungjawab training yang sangat baik hati dan budiman mengajakku untuk ikut full acara 3 hari 2 malam.

Bercumbu dengan keperawanan bumi laskar pelangi menghadirkan sebuah romantisme tiada tara. Hei, aku pernah bermimpi untuk menjejak rumah guruku, Andrea Hirata. Dan, ini terkabul bulan april 2014. *lari-lari muterin pohon pisang dengan backsound lagu Kal Ho Na Ho

Rumah sekaligus sekolah bersejarah yang telah melahirkan tetralogi novel yang mampu membuat ribuan anak Indonesia berani menggantungkan mimpinya.

IMG_8572

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi mu..” ~ Andrea Hirata

SAMARINDA
Tak pernah terbayangkan sebelumnya bisa menjejak di bumi pesut mahakam. Tugas memberikan training di Rumah Sakit terbesar di sana berbuah manis.  Berbuah kawan, berbuah saudara, juga berbuah pengalaman.

Menikmati eksotisme sungai mahakam di sore hari, adalah kemewahan. Kemewahan yang teristimewakan dengan kecantikan. Aku jatuh hati padai setiap pesona kota sungai yang begitu menawan.

Udah mirip pesut belum?
Udah mirip pesut belum?

Di sini aku menantang legenda.

“Yang pernah minum air dari sungai mahakam, pasti akan kembali lagi.”

So, we will see..

SOLO

Kalo kamu biasa di Jakarta dan travelling ke Solo, waktu akan terasa lambat untukmu. Kehalusan tutur kata penduduk sini bak pantat bayi. Halus dan lembut.

Perjalanan ke Solo juga merupakan milestone. Dua milestone sekaligus aku lampaui di sini. Milestone yang pertama, menghadiri nikahan sahabat terbaikku sejak SMA (jongkok di pojokan sambil ngais-ngais tanah). Milestone yang kedua, menjadi bagian dari peradaban Sukses Mulia!

Kehormatan terbesar di Juni 2013 yang kudapatkan. Menjadi salah satu pembicara yang menggemparkan panggung Festival Sukses Mulia! *kecup kek Jamil

Its Awesome Journey!

TOLITOLI

Kalo perjalanan ke Tolitoli ini seperti mimpi. Diberitahu dalam waktu kurang dari dua minggu untuk bersiap-siap, selanjutnya kamu udah ada di mobil yang membawamu menelusuri Sulawesi Tengah.

IMG_9609
Rumah adat tolitoli

Dan yang bikin surprise, begitu sampai sana semua panitianya masih muda belia. Ga ada yang lebih tuir dari 17 tahun. Duh jadi berasa om-om yang suka godain anak-anak SMA.

Ya! Mayoritas dari mereka masih duduk di bangku SMA. Kota kecil yang berjarak 10 jam dari Palu, anak-anak yang masih pake seragam putih abu-abu bayarin tiket dan akomodasi dua orang pembicara dari Jakarta. Pas puasa pula! Terharu Biru..

Man,, you ROCK!

SINGAPURA

Perjalanan luar negri pertama gratisanku. Menginjak kota raja singa . Bertiga bareng sahabat semasa kuliah, dan membawa misi sederhana. Menggendong sekaligus menebarkan inspirasi dari dua buku ku.

Di puncak tertinggi Singapura!
Di puncak tertinggi Singapura!

Meskipun sempat diwarnai insiden ditangkap sekaligus di interogasi petugas imigrasi di sini, tapi ini pengalaman menarik. Seruangan bersama puluhan TKI dan TKW asal Indonesia. Melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana mereka diperlakukan di negara tetangga. Well, banyak pelajaran berharga yang kupetik. Selain tentunya, saudara baru di Singapura!

Bangunan tertinggi disana sudah kujelajahi, tempat paling eksotis disana pun sudah, Masjid bersejarah yang berdiri di tengah komplek mafia pecinan juga sudah tuntas kuarungi.

Membawaku dalam tingkatan selanjutnya seorang traveler!

MALAYSIA

Kalo pergi ke Singapura tapi ga mampir ke Malaysia itu rugi. Ibarat Sinetron Tukang Bubur yang Tukang Buburnya ga pernah muncul. Oke, ini ga ada hubungannya.. Tapi intinya rugi bro!

Legoland!
Legoland!

Tinggal beberapa kilo lagi, kamu bisa menjejak ke Johor Bahru. Disana ada tiga hal yang ga bisa kamu lewatin.

  1. Teh Tarik ter-ENAK DI DUNIA! Ini beneran ga lebai. Teh tarik disini, itu semacam surga yang bergejolak menari-menari dalam mulutmu. Kesegaran dan kentalnya itu semacam kamu udah berharap bertahun-tahun dilamar, eh akhirnya dilamar juga! Sama orang yang selama ini selalu ada dalam doamu pula. Ah, emejing lah rasanya.
  2. Lego Land! Kalo yang ini emang awalnya semacam wahana anak-anak ya. Ga salah juga sih main kesini, karena aku memang masih unyu-unyu. But well,  worth it lah kalo ngajak ponakan atau adik kesini.
  3. Supir taksi yang mirip Yoyok Padi. Kalo ini… ah sudahlah..

 

Nah! Itulah tujuh kota sekaligus tujuh cerita bahagia di 2013. Bagaimana perjalanan selalu menghadirkan pelajaran. Bagaimana perjalanan selalu menghadirkan keceriaan.

Tapi lebih dari itu semua, sebuah perjalanan selalu bisa kita jadikan alasan untuk kembali pulang.

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas Beberapa hari yang lalu mungkin teman-teman tahu bahwa saya menginisiasi donasi untuk membantu seorang anak bernama Latif. Sebuah video viral di social media memperlihatkan dia sedang dipaksa menyiram oli bekas…

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

12 comments

    Wuihhh…kerON nih si anak muda yang satu ini.
    Semoga makin banyak yang dijelajah di tahun 2014, hingga akhirnya bisa menemukan si cantik. Biar hidup menjadi lebih asyik….

    Heheheh….

    alhamdulillah ajib banget alunan irama ceritanya, bagiakan mimpiku di tahun 2013, tapi itu hanya sebuah mimpi, aku berharap akan bisa di tahun 2014,

    Annisa : “ Aku pengen jadi penyanyi internasional biar nanti ayah dan ibu bisa liat Annisa. Sampai sekarang Annisa belum pernah ketemu mereka Pak..”

    *tiba2 nangis baca ini.. senasib sama aku. Tapi Annisa lebih luar biasa cita2 nya daripada aku… hebat ^^

    . waaahh .. senangnyaa bisa keliling” dan memberikan training dan inspirasi..
    btw .. kmrn saya juga jadi panitia KI didaerah saya .. :) tahun ini ada KI lagi lho.. ikut lagi kah pak guru .. ? xixixix.. 😀 :)
    salam kenal yaa .. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *