Menjadi Penulis Biografi (Jasa Penulisan Biografi)

Jasa Penulisan Biografi

Soal menulis biografi, banyak yang bertanya kepada saya?

“Mas, nulisin biografi itu sulit ga sih?”

“Mas, caranya buat masarin jasa biografi itu bagaimana sih?

“Mas, cara matokin harga jasa kita bagaimana sih?”

Well, saya akan menjawabnya dalam tulisan ini satu per satu dari sudut pandang dan pengalaman saya.

 

Satu hal yang perlu diingat. Saya menuliskan biografi orang bukan semata-mata dilandasi alasan karena UANG atau FEE. Bagi saya ada yang lebih krusial dibandingkan hal tersebut. Yaitu saya turut berperan dalam mengabadikan sebuah ilmu agar tidak hilang ditelan zaman. Saya sudah membuktikannya. Dari 18 buku yang per 8 September 2017 saya tuliskan,

  1. Lezatnya Bisnis Kuliner (Mas Mono) – Published by Gramedia Pustaka Utama
  2. Kujemput Engkau di 1/3 Malam (Peggy Melati) – Published by Noura Book
  3. Komunikasi Hati (Nyoyorino) – Published by Elex Media Komputindo
  4. Manusia 4 Kuadran ( Tri Sumono) – Published by Gramedia Pustaka Utama
  5. 7 Resep Rahasia Bisnis Kuliner (Fajar N) – Published by Elex Media Komputindo
  6. Man of The Match (Fandy Hernanto) – Published by Elex Media Komputindo
  7. 10 Tahun Lagi Lo Mau Jadi Apa? (Rendi Santoso)- Published by Elex Media Komputindo
  8. Karyawan berhak KAYA (Purnomo S) – Published by Elex Media Komputindo
  9. Wake up Call (Indra Dewanto) – Published by Gramedia Pustaka Utama
  10. 33 Menit Resign (Pamung Amiadi) – Published by Elex Media
  11. Where Are You God (Alwin Arifin) – Published by Elex Media
  12. Unusual Business (Mardigu WP) – Published by Inspirator Academy
  13. Koendjono Harjadi Di Mata Kami (Keluarga Koendjono)- Published by Inspirator Academy
  14. Funtastic Service (Tatay Sutari) – Published by Elex Media Komputindo
  15. Semangkok Cinta Oma (Oma Rosita) – Published by Elex Media Komputindo
  16. Membangun Indonesia Timur Dari Pelabuhan (Doso Agung) – Published by Inspirator Academy
  17. ERP Business Process (PT PP ) – Self Published
  18. Goresan Batik Sang Srikandi Politik (Ahmad Husein) – Published by Inspirator Academy

 

Harga jasanya sangat variatif. Mulai dari Rp 0 alias GRATIS, 10 juta, hingga 120 jutaan. Apa saja yang saya pertimbangkan dalam mematok harga?

Buanyak!

  1. Saya sangat concern terhadap profesi atau latar belakang calon klien saya. Profesi calon klien sangat mempengaruhi tujuannya menulis buku. Misalnya untuk para Ustadz, tentunya tujuan menulisnya adalah untuk dakwah atau syiar. Berbeda dengan Artis atau politisi tujuannya. Bagi saya, hal ini sangat berpengaruh terhadap harga.
  2. Tingkat kesulitan. Ekspektasi klien terhadap bukunya berbeda satu sama lain. Ada yang meminta dituliskan dalam bentuk fiksi, atau dalam bentuk infografis. Hal ini juga mempengaruhi penentuan harga jasa.
  3. Tenggat waktu yang diberikan oleh klien juga sangat berpengaruh. Normalnya, kami akan memberikan penawaran harga dengan deadline 3 bulan. Nah, jikalau klien meminta 1 bulan selesai bukunya, tentunya harga jasa yang ditawarkan juga akan berbeda. Kami pernah menyelesaikan order dalam jangka waktu satu bulan. Dan hanya bertemu 2 jam dengan klien untuk briefing awal. Ga beda jauh sama bangun candi lho. Tapi, in the end kami berhasil menyelesaikannya tepat waktu dan klien puas.
  4. Lingkup jasa. Menulis biografi bukan hanya wawancara, mencari baha, tulis lalu selesai. Ada sih yang hanya menyediakan hal tersebut. Namun saya memilih untuk menjadi One Stop Service. Mulai dari proses penulis, penerbitan, bahkan jika diminta handle untuk event launching sekalipun saya siap.
  5. Portofolio dan Profesionalitas Penulis. Bagian ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari penentuan harga jasa. Penulis yang baru menulis 1 buku dengan penulis yang sudah terbiasa menuliskan puluhan buku tentunya tarifnya berbeda. Pengalaman mahal harganya di sini Jenderal!

 

Kalau Mas Brili yang menjadi penulisnya, apa saja yang mas Brili bisa sediakan?

  1. Proses penulisan yang profesional. Bagi saya profesi ini adalah profesi terhormat. Jadi saya harus memperlakukannya dengan terhormat pula. Sebelum melakukan proses penulisan, ini yang biasanya saya lakukan terlebih dahulu :

 

  • Writing Needs Analysis. Ngobrolin dulu apa yang diingankan klien.
  • Penerbitan Proposal Resmi
  • Penerbitan MoU dan Penandatanganan.

 

Sehingga hak dan kewajiban semua pihak jelas dan memiliki landasan yang pasti.

  1. Ditulis oleh tim yang profesional. Saya tidak bekerja sendiri. Ada tim saya ( alumni Inspirator Academy) yang selalu saya libatkan dalam tiap proses wawancara, penulisan, editing, hingga launching.
  2. Desain Cover dan Layout sesuai permintaan klien. Tim kami untuk mengerjakan ini sudah berpengalaman memuaskan banyak klien. Jadi, soal desain tak usah dirisaukan lagi.
  3. Untuk penerbitan, kami akan menyesuaiakan permintaan klien.
  4. Kalau klien mau diterbitkan dengan Major Publisher, kami akan menggaransi naskah bukunya akan diterbitkan di Elexmedia atau Gramedia Pustaka Utama. Serta didistribusikan di seluruh toko buku Gramedia.
  5. Jika klien mau bukunya untuk kalangan sendiri pun, kami mampu menangani mulai dari Penerbitan ISBN, Cetak buku (bahkan cetak 1 bukupun bisa. Tidak ada minimal cetak) , dan distribusi ke toko buku seluruh Indonesia.
  6. Launching Buku. Untuk proses launching, kami juga sudah sediakan EO profesional yang mampu handle :

 

  • Tempat
  • Konsumsi
  • MC
  • Seremonial
  • Media Coverage (TV, Online dan Cetak)

 

Apa yang saya sediakan diatas sifatnya opsional dan sangat cair. Apa yang klien butuhkan, hanya itu yang klien ambil. Mau ambil semuanya? Bisa. Mau Cuma makai jasa editingnya saja misalnya, juga bisa.

Itulah kenapa, tiap kali ditanya berapa biaya jasanya, saya biasanya akan mengajak calon klien untuk bertemu dulu, meeting, syukur-syukur sambil ngopi. Baru bisa saya submitkan proposal penawarannya.

Jika di blog sebelah kamu menemukan ada yang mematok jasa penulisan biografi hingga 62 juta dan hanya mendapat 250 buku untuk sendiri, saya bisa memberi lebih.

Dengan budget yang sama, saya bisa memberikan semua jasa yang diberikan, plus sudah termasuk cetak 2000 eksemplar buku untuk diedarkan di seluruh toko buku di Indonesia. Caranya bagaimana? Yuk, ketemu dulu, ngobrol dulu, syukur-syukur sambil ngopi.

Jadi untuk teman-teman yang ingin mengambil profesi sebagai penulis biografi, saran saya sekarang perbanyak dulu berkarya dan portofolio mu. Itu akan sangat mempermudah kamu untuk meyakinkan calon klien.

Kalau misalnya saya sudah memiliki karya namun belum berpengalaman? Yuk, gabung dengan tim penulisan saya (Associate Author Inspirator Academy) . Akan saya ajari prosesnya dari Writing Needs Analysis, Penentuan Harga Jasa, Negosiasi, hingga proses dealing dengan percetakan atau penerbitan. Syaratnya? Cukup satu. Kamu adalah alumni Bikin Buku Club atau Mentoring Menulis Online.

So, tertarik menjadi Penulis Biografi atau dituliskan biografinya?

Kontak saya aktif 24 jam di 087860751356 atau brili@inspiratoracademy.com .

 

Keep Writing And Stay On Fire,

Brili Agung

CEO Inspirator Academy – Penulis

 

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Pengumuman Project Subuh, Cinta, Dan Rahasia

Akhirnya selesai sudah proses penilain project Subuh, Cinta, dan Rahasia yang penuh drama ini. Sempat tertunda seminggu, akhirnya 17 Oktober 2017 hasilnya bisa direlease.   Drama pun tidak berhenti sampai situ. Ternyata  setelah pengumuman tanggal…

Resign Dari Menulis

Resign dari menulis? Bulan ini saya banyak ketemu orang-orang luar biasa. Salah satu partner sekaligus mentor bisnis, suatu waktu pernah meminta izin untuk menghitung valuasi salah satu perusahaan yang saya miliki, Inspirator Academy. Hasilnya membuat…

[REVIEW BUKU] SIRKUS POHON – Andrea Hirata

Seberat Apapun Hidup, Tetap Ada Yang Bisa Ditertawakan – Sirkus Pohon Anjay! Xian Nying! Hanya umpatan dan makian yang berlalu lalang dalam kepala saya ketika dalam waktu kurang dari 12 jam saya menyelesaikan karya ke-10…

Tentang Syarat Beli 500 Buku Bagi Penulis Dari Penerbit

Saya disini memosisikan diri sebagai penulis yang sudah ratusan kali berurusan dengan major publisher mengenai proses terbit menerbitkan sebuah buku. Baik itu buku alumni dari Inspirator Academy maupun buku saya sendiri. Jadi apa yang saya…

Surat Terbuka Untuk Bapak Ken Dwijugiastedi. (Direktur Jenderal Pajak)`

Yang dibacakan kepada Bapak Hestu Yoga Saksama (Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Dirjen Pajak) pada tanggal 14 Maret 2017 di Hotel Le Meridien, Jakarta Assalamualaikum Wr Wb Perkenalkan,saya Brili Agung. Pengurus HIPMI dan seorang penulis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *