Get Published with @AkademiBerbagi

Get Published with @AkademiBerbagi

logo-baru-ok

Seperti yang udah aku twit kan semalam tentang betapa spesialnya hari ini, salah satunya adalah karena ada mba Windy Ariestanty. Seorang penulis puluhan buku sekaligus editor dari buku-buku best seller lainnya.

Kata tim Akademi Berbagi, ini adalah kelas mereka yang ke 15. Dan emang topiknya kali ini asik banget. Gimana kita bisa mempublish tulisan kita. Dan apa aja yang harus kita persiapkan untuk itu. Narsumnya mantap bo.

Akber 15 ini diadakan di SMA 2 Bekasi. Waah, berasa balik lagi ke masa lalu. Masa dimana aku masih lucu-lucunya. Dan kesempatan pula buat refreshing setelah setiap hari liatnya yang berumuuuurr mulu di kantor.

Okay, jadi acara ini harusnya mulai jam 10. Dan aku lihat semua akberians sih udah kumpul banyak jam segitu. Tapi karena ada satu hal ini itu dan dikarenakan pula ada gangguan teknis acaranya molor jadi jam 10.30. Nah lho ayo akberians, prepare and prepare better ya..

Dan acara pun di buka oleh seorang MC (yang terkesan) dadakan. Keliatannya baru ditunjuk pada saat itu kali ya.

babywriting

Lalu Mba Windy pun memasuki ruang kelas. Serius ini baru pertama kalinya aku tatap muka langsung dengan salah satu legenda dunia penulisan Indonesia (halah). Dan kesannya, waah.. ini kayaknya editor killer nih.

f8c79cd70cd59104b29e3d8569c00654

Tapi setelah doi mulai kelasnya dan sharing ilmunya, kesan killer itu menghilang entah kemana. Ga ada lagi kesan killer, hanya ada kesan asik dan fun.

Dia menceritakan proses bagaimana sebuah tulisan dapat diterbitkan. Ya emang kalo mau nerbitin tulisan, kita harus menulis dulu. Kalau belum dan hanya dalam berbentuk ide, apa coba yang mau diterbitkan.

original-dream-write-and-publish-an-book-time-2012-12-14-05-29-10-userid-2526

Menulis akan membuat seorang penulis menjadi abadi. Karyanya akan selalu hidup. Dan, menulis itu membutuhkan kecerdasan. Apalagi yang cuma 140 karakter di twitter. Itulah kenapa seorang penulis adalah pekerjaan masa depan. Setiap perusahaan butuh seorang yang mempunyai “otak” di ujung jarinya.

Dan menurut mba Windy, ada 7 tips dalam menerbitkan buku :

  1. Tulis Manuscript nya. (Yaiyalah, kalo ga ditulis ya ga mungkin diterbitkan..) Ini wajib masbro mbasist..
  2. Buat Sinopsis ~ Ini penting karena editor harus membaca puluhan naskah tiap harinya. Jadi ini akan membantu mereka dalam seleksi naskah. Sinopsis jangan panjang-panjang. Maksimal 1 halaman. Kalo panjang novel namanya.
  3. Kekuatan Buku ~ Ungkapkan kekuatan bukumu dalam naskah yang kamu kirimkan. Ibaratnya buku itu kan anakmu. Jadi kalo kamu sendiri ga tahu apa kekuatannya, gmna pembaca mengerti.
  4. Kemas Nahkah ~ Naskah amat sangat dianjurkan untuk dijilid. Simple, biar ga tercerai berai pas dibaca editor.
  5. Identitas ~ Jangan lupa cantumin identitasmu dalam naskah. Siapa tahu nanti mau diterbitin.
  6. Judul ~ Bikin judul yang menarik dan readable. Untuk judul nanti akan ditentukan bersama oleh editor dan penulis.
  7. Call Editor in perfect time ~ Mba Windy ngasih bocoran nih jam-jam nya para penerbit bisa diganggu. Jam 10-11 dan antar jam 2- jam 3 pagi.. *digetok mba Windy *Maksudnya jam 2- jam 3 sore

bookdreambanner02

Lalu yang paling penting jangan langsung jatuh karena 1 penolakan. Ada banyak faktor dalam penolakan penerbit. Ditolak sekali, ga bikin kamu mati. Jadi teruslah berkarya dan selamat menginspirasi.

catwriting

Yang paling asik sih karena aku kebagian nanya pertama, akhirnya aku dapat buku The Journeys gratis dari panitia. Uhuy!

Nah,itu ulasan materinya. Sekarang mau ngasih masukan dikit nih buat para Akberians.

Aku sangat memuji semangat kalian. Dan memang berbagi selalu bikin happy. Tapi guys, ini udah kelas ke 15 kalian. We expect more from you.

Acara tadi, kalo dikemas dengan baik akan sangat berkesan. Andai mc nya mampu membawakan sebuah kelas dengan menarik, itu akan jadi nilai plus buat kita para akberians.

Dalam sebuah kelas akademi berbagi, ada dua unsur penting yang ga bisa dipisahkan. Satu Content dan Satunya lagi adalah Context.

Unsur Content, itu sepenuhnya ada di tangan sang “guru” yang hari itu datang untuk berbagi. Nah, peran kita sebagai tuan rumah harus bisa membawakan context dengan menarik. Jadi para peserta akan melek dan tertarik dari awal hingga akhir.

Udah excited duluan pas MC nya masuk. Nah pas pembicara utamanya masuk, peserta kan semakin excited. Management kelas nya bisa diperbaiki dan dipercantik.

Brili ini cuma bisa ngomong dan ngritiiik doank! Weits weits weits.. Kalo kalian mau, dengan amat sangat senang hati aku mau ko berbagi ilmu “Public Speaking”  untuk kalian ko. Dan setelah tahu ilmunya, dijamin akan sangat membantu kalian dalam ngadain kelas-kelas selanjutnya. Mention aja ke @BriliAgung . Kebetulan aku tinggal di Bekasi juga ko.

Oke, last but not least.. Berbagi emang bikin Happy!! J

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas Beberapa hari yang lalu mungkin teman-teman tahu bahwa saya menginisiasi donasi untuk membantu seorang anak bernama Latif. Sebuah video viral di social media memperlihatkan dia sedang dipaksa menyiram oli bekas…

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *