Jenis-Jenis Mantel

Eh ujan gerimis aje.. Ikan teri diasinin..

Ini lagu ko agak-agak ga nyambung ya? Apa coba hubungannya ujan gerimis sama ikan asin? Apa kalo musim ujan produksi ikan asin jadi naik? Ah, entahlah. Mungkin imajinasiku yang emang belum sampe sana.

Hujan itu hubungannya sama jas hujan atau mantel donk, bukan sama ikan teri. Karena pas musim penghujan tiba, tukang jualan mantel juga ikut menjamur seperti virus. Mereka menyebar, muncul ditempat-tempat yang tadinya kosong. Seperti jomblo, yang mendadak menampakan dirinya ketika musim penghujan tiba. Mereka bersorak riang ketika hujan datang. Apalagi kalo pas malam minggu. Wuiih, semakin eksis lah mereka.

Tapi ada juga jenis jomblo yang ketika hujan tiba justru semakin meraung-raung sendu. Seakan hujan itu tukang pos yang mengantarkan sekelebat luka dan rindu di masa lalu. Aissshh, ko jadi ngomongin jomblo sih. Kan niatnya mau ngomongin mantel.

Karena aku juga pengguna mantel, (maklum pemakai setia roda dua) maka posting kali ini khusus aku persembahkan spesial buat kamu yang udah setia memanteli hatiku (Uoppppooo… Memanteli. Bahasa yang aneh) . Tapi ah ya sudahlah, inilah jenis-jenis mantel yang biasa ditemukan di musim hujan.

1. Mantel Batman

images1

Konon mantel ini terinspirasi dari Batman yang kemana-mana pake jubah. Ga peduli ma panas atau hujan pasti ada kain yang melambai-lambai setia mengiringi kemanapun pergi. Di Indonesia, mantel jenis ini sering disebut sebagai ponco. Kalo pake mantel ini sendirian, kadang pengendara motor suka berimajinasi dia adalah superhero yang mempunyai jubah berkibar-kibar saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi. Walaupun ujung-ujungnya badan tetep basah semua, tapi mantel ini masih diminati. Alasannya? Ekonomis dan menjunjung tinggi solidaritas. Satu mantel bisa berdua bahkan bertujuh (Itu mantel apa tenda?).

Yang jelas mantel ini juga sahabat para pendaki gunung. Karena cukup pake mantel ini kita bisa bikin tenda darurat yang hangat. Tapi hati-hati, kadang cowo sengaja pake mantel ini untuk mencuri kesempatan dalam kesempitan. Ya apalagi kalo bukan modus biar boncengannya semakin nempel dan meluk dia. Issshh! Modus!

Karena alasan itulah, Bapak-Bapak polisi ga merekomendasikan mantel jenis ini untuk dipake. Karena selain sebagai alat permodusan, juga dapat menyebabkan kecelakaan. Bayangin aja kamu mantel batman, terus mantelnya nyangkut di jeruji roda. Kasian rodanya kan? Udah kehujanan, disuruh muter-muter terus, eh abis itu disangkut-sangkutin sama mantel. *puk puk roda motor

2. Mantel Egois

images

Jenis mantel kedua yang paling banyak diminati. Yaitu mantel yang cuma bisa dipake sendiri. Satu set atasan dan bawahan. Ya masa iya, dipake berdua. Yang depan pake atsannya, yang belakan pake bawahannya. Jaka sembung bawa golok banget!

Tapi alasan sebenarnya mantel ini disebut mantel egois adalah sebagai berikut. Ternyata pada masa lalunya, mantel ini pada masa remajanya punya sifat yang egois banget. Kalo ga di sms duluan, ga bakal sms. Pas minta tolong ma temen mohon-mohon  setengah mati tapi pas gantian dimintain tolong tiba-tiba amnesia. Dan kalo lagi naek KRL, nih mantel selalu pura-pura tidur biar ga diminta merelakan kursinya sama Ibu-Ibu atau orang tua yang ga kebagian kursi.

Lalu, karena keegoisannya itulah dia dikutuk jadi mantel. Begitu ceritanya. Moral of the story, kalo ga mau dikutuk jadi mantel, jangan lah kalian egois. (Iya-in aja deh biar cepet)

3. Mantel Unta

KERINCI-003

Konon, mantel unta ini datangnya dari negri Arab sana. Terispirasi dari punuk unta. Tapi emang disana ada mantel? Bukannya disana jarang ujan? Udaah, iyain aja deh biar cepet ya.

Mantel ini adalah modifikasi dari mantel batman. Cuma mantel ini kerudung untuk kepalanya ada dua. Depan belakang (Yaiyalah, masa atas bawah…Gimana make nya?)

Mantel ini bisa disebut juga sebagai mantel couple. Atau mantel pura-pura couple. Para jomblo biasanya menggunakan mantel jenis ini untuk alibi bahwa mereka udah punya pasangan. Jadi biar romantis, bawa mantel ini deh..

Padahal ya itu cuma alibinya doank. Kalo ujan turun, pasti punggungnya basah, karena mantel ini berlubang di belakang karena kerudungnya ga ada yang make.

4. Mantel Hati

1111

Ini adalah mantel dambaan bagi setiap insan di dunia. Di musim apapun selalu butuh mantel jenis ini. Musim hujan, musim kemarau, musim durian, dan musim-musim undangan nikahan para mantan (Terendus aroma tsurhat disini saudara-saudara).
Mantel jenis ini amat direkomendasikan untuk hati-hati yang mulai kedinginan dan merindukan kehangatan. Atau bagi mata yang tak tahan untuk segera meluapkan kesedihannya.

Setiap anak adam pasti membutuhkan seseorang yang bisa menjadi mantel hati untuknya. Menyelimutinya sekaligus menahankan amukan hujan derita untuknya. Sayangnya mantel hati ini ga ada yang jual dan ga bisa dibeli dengan uang. Ia akan datang dengan sendirinya melalui proses yang panjang. Proses yang melibatkan jatuh bangunnya hati. Jadi kalau udah dapat mantel jenis ini jangan disia-siakan ya. Apalagi dicampakan begitu saja saat hujan derita sudah mereda.

Mau tau cara mendapatkan mantel hati? Ke Gramedia, terus beli deh “Jangan Bodoh Mencari Jodoh.” (#Uhhhuuuuk)

5. Mantel Tembus Pandang

HARPOT

Mantel ini cuma ada di filmnya Harry Potter dan Doraemon. Kalo masuk ke mantel ini, orang-orang ga ada yang bisa ngeliat kita. Kita ngupil ga ada yang lihat, kita garuk-garuk ga ada yang ngliat, kita jomblo pun ga ada ko yang ngliat :’)

Wah, ga kebayang deh kalo mantel ini benar-benar ada. Pasti banyak banget pasangan yang akhirnya tercerai berai. Kalo pasangan satu curiga, dia akan pake mantel ini dan kemudian nongkrongin pasangannya kemanapun dia pergi sampai ketahuan ternyata ia pergi bareng selingkuhannya. Eng Ing Eng!

Dan ga keitung kerugian Ibu kantin akibat adanya mantel ini. Anak-anak sekolah yang pengin jajan kenyang ga modal, bisa aja pake mantel ini trus nyomot-nyomot gorengan ga pake bayar.

Tapi enaknya, kalo pake mantel ini kita bisa kali ya, nonton film gratis kapanpun di bioskop. Ga perlu bayar tiket dan bisa masuk kapanpun. (Jangan Ditiru! Ini hanya imajinasi belaka)

Itulah jenis-jenis mantel yang ada di dunia. Mengingat keuntungan dan kerugian masing-masing jenis mantel, harap menggunakan setiap mantel yang anda punyai dengan bijak. Sekian dan terima comment.

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

Alien Dalam Dunia Penulis (Tere Liye)

Saya tidak kaget dengan heboh pernyataan Bang Tere Liye kemarin. Karena saya mengikuti pemikiran sekaligus langkah yang ditempuhnya soal keadilan bagi penulis. Termasuk audiensi yang saya lakukan Maret lalu kepada Pak Hestu Yoga selaku Direktur…

14 comments

    Hmmm terendus tulisan ini sebenarnya promosi 2 hal, 1. Promo buku jangan bodoh mencari jodoh. 2 promosi klo yg nulis lg nyari mantel hati… uuhhuukk…..
    Promo bukunya berhasil mas krn sy sudah beli :)

    Tentang mantel aku tambahin ya :)… Mantel feminim, pasangannya mantel egois bedanya bawahan ne mantel adalah rok jadi dipake khusus cewek, kan gak lucu kalo yang pake rok cowo??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *