Meninggalkan Jejak

Menulis adalah meninggalkan jejak.

Sebuah pepatah menyatakannya demikian. Jika menulis meninggalkan jejak, berarti bisa dimaknai menulis adalah sebuah perjalanan. Perjalanan alam pikiran kita untuk merangkai kata demi kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan.

Jika menulis adalah perjalanan, maka kamu memerlukan sebuah peta untuk memastikan agar perjalananmu sampai pada tujuan. Sampai pada titik yang kamu tuju. Agar kamu ga tersesat, dan agar apa yang kamu tuangkan ga melebar kemana-mana..

Nah, peta itulah yang bernama MindMapping!

Mind mapping adalah sebuah peta dimana kita bebas mengeluarkan semua yang berkaitan dengan tulisan kita nantinya. Tidak diperlukan sistematika, yang penting apa yang terlintas dari benak kita langsung dituangkan.

Poin-poin mind mapping ini nantinya akan mampu menjawab pertanyaan 5 W + 1 H (Bukan 5 wifes and 1 Husband ya.. Tapi What,When,Who,Why,Where dan How).

Nah, sekarang tuliskan tema tulisanmu di atas selembar kertas atau papan tulis juga boleh.. Tuliskan tepat di tengah dan lingkari tulisan itu. Selanjutnya, berikan garis garis bercabang dan tuliskan poin-poin apa yang ingin kamu kembangkan dari tema inti tulisanmu..

Menyelesaikan mind mapping tidak harus selesai saat itu juga. Kamu bisa menambahkan perpanjangan poin demi poin sewaktu-waktu. Dan,, dari situ kamu bisa melakukan koreksi kembali apakah poin itulah yang kamu rasa penting disampaikan di tulisanmu. Kalo misalnya ga perlu, coret aja dan ganti yang baru.

Selain berguna seperti Peta, mind mapping dalam menulis juga bisa membantumu mendobrak writers block! Yang tadinya buntu mau nulis apa, kamu tengok kembali mind mapping mu.. Dan kamu lanjutkan dari situ, kembangkan lagi dan lagi..

Nah, begitulah menulis.. Layaknya hidup yang butuh Peta, menulis pun memerlukannya. Dan kamu yang akan menentukan mulus atau tidaknya perjalanannya.

Hati pun sebenarnya sama. Saat kamu merasa kehilangan jejak dan tak tahu harus melabuhkan hatimu kemana, Tuhan sudah menyiapkan peta terbaik untukmu dalam kitab sucinya. Pertanyaannya adalah… Seberapa sering kamu membaca sekaligus memahami peta yang di anugrahkan Tuhan pada umat manusia?

 

———————————————————————————————————————————————————————–

Udah lama pengen nulis dan berbagi? Tapi belum tahu caranya agar tembus ke penerbit? Intip disini

CEO Inspirator Academy, penulis 6 buku, co-writer 17 buku artis, pengusaha, dan trainer.

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas

Cerita Dari Dirigen Oli Bekas Beberapa hari yang lalu mungkin teman-teman tahu bahwa saya menginisiasi donasi untuk membantu seorang anak bernama Latif. Sebuah video viral di social media memperlihatkan dia sedang dipaksa menyiram oli bekas…

Kios Untuk Ayah

Apakah benar hidup bermula di usia 40 tahun? Banyak sekali yang berkata kepada saya demikian. Bisa jadi ada benarnya, bisa jadi tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Coba lihat sekeliling kita saat ini, apakah saudara…

Kamukah Salah Satu Gelandangan Itu? – Properti

https://finance.detik.com/properti/3744907/95-kaum-milenial-terancam-jadi-gelandangan-di-2020 Belakangan saya sering membuat survey atau polling mengenai properti. Kamu tahu kenapa? Ya tentu saja berawal dari kegelisahan saya ketika membaca liputan khusus koran kompas bulan februari kemarin, ditambah berita penegasan dari detik.com ….

#JumuahBerfaedah – Mamah dan Anak Buangannya.

Dari usul status FB dan IG Story saya pagi tadi, saya memilih tema Ibu untuk saya ceritakan di Jumat  ini. Saya memiliki hubungan yang unik dengan Ibu (yang biasa saya panggil Mamah). Relationship saya dengan…

#JumuahBerfaedah – Berorganisasi, Bersilaturahmi, Bersinergi.

Saya adalah orang yang sangat percaya dengan kekuatan silaturahmi. Bagaimana silaturahmi menjadi pintu paling juara untuk membuka rezeki. Aku mengalaminya sendiri. Seorang Brili bisa menjadi seperti ini pun, asbab silaturahmi. Alhamdulillah, karena ketetapanNya, silaturahmi yang…

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *